Home » , , , » Pertahanan Payah United

Pertahanan Payah United

Written By Taufik on Kamis, 04 Oktober 2012 | 08.44

(harsem/dok)
Kemenangan 2-1 Manchester United atas tuan rumah CFR Cluj membuat Alex Ferguson girang.  Mengapa, Sir?

MESKI kebobolan lebih dulu, Sir Alex Ferguson mencatat bahwa blok belakang skuadnya, utamanya kiper, sudah bermain bagus. Selain itu, dia menganggap Cluj bukan lawan yang mudah lantaran kerap merepotkan timnya melalui umpan-umpan silangnya.

"Pertandingan tandang di Eropa tak pernah mudah. Mereka punya rekor kandang bagus dan Anda bisa lihat alasannya dari cara mereka yang tak kenal lelah, terus-menerus mengirimkan umpan silang yang bikin kami kerepotan," kata Fergie di BBC.

Kekhawatiran Fergie memang terbukti dalam pertandingan yang digelar di Stadionul Dr Constantin Radulescu, Rabu (3/10) dini hari WIB itu. Tuan rumah mengejutkan lantaran berhasil unggul lebih dulu di menit 14 melalui gol Pantelis Kapetanos.

Untung saja dua gol Robin van Persie akhirnya membalikkan keadaan dan United menang 2-1. Tetapi di akhir pertandingan kisah bisa berbeda jika saja De Gea gagal menepis sundulan Rafael Bastos yang menuju deras ke arah gawangnya.

Dikritik Awak Sendiri
Sebelumnya, MU menciptakan rasa was-was di hati para pendukungnya lantaran barisan pertahanan tim ini payah. Saking loyonya sampai-sampai Setan Merah dikritik pemainnya sendiri.

Gelandang Michael Carrick, misalnya, menilai pertahanan United begitu rapuh sehingga kerap tertinggal gol lebih dulu. "Ini bukan seperti kami, dan itu tidak bisa terus terjadi," katanya, Senin, 1 Oktober 2012.

Dari enam pertandingan Liga Primer Inggris, empat kali MU tertinggal lebih dulu. Itu terjadi saat klub pengoleksi 19 gelar juara Inggris ini mengalahkan Fulham 3-2, Southampton 3-2, Liverpool 2-1, dan yang terakhir takluk kontra Tottenham Hotspur 1-3.

Dengan keadaan seperti itu, menurut Carrick, timya sulit menang. "Ini adalah sesuatu yang harus kami benahi," kata Carrick.

Senada, Wayne Rooney juga melontarkan kritik pada timnya usai menang 2-1 atas CFR Cluj. Ia meminta United segera membenahi lini pertahanan, demi memastikan kembali berjaya musim ini.

Memasang ambisi menebus kegagalan musim lalu dan menjuarai Liga Champions dan Premier League, jala gawang Manchester United sudah bergetar delapan kali. Ditambah satu gol yang dicetak CFR Cluj, total gawang United sudah bobol sembilan gol hanya dari tujuh pertandingan. United baru dua kali mengalami clean sheet saat menghadapi Wigan Athletic dan Galatasaray.

Ini kontradiktif dengan pencapaian di musim-musim sebelumnya. Musim 2007/08, gawang United hanya kebobolan 27 gol, catatan terbaik dalam sejarah klub tersebut. Empat musim berikutnya, secara berturut-turut gawang United secara total kebobolan 41, 45, 54, dan 50 gol.

Menurut Rooney, pertahanan United yang under perform bisa menggagalkan ambisi United untuk kembali berjaya musim ini. Sayangnya ketika Rooney memperingatkan timnya, kabar buruk kembali menampar. Jonny Evans kembali masuk ruang perawatan menyusul Nemanja Vidic, Chris Smalling, dan Phil Jones.

Bek Irlandia Utara tersebut ditarik keluar pada menit ke-79 saat menghadapi CFR CLuj dan digantikan pemain hijau, Scott Wootton. Evans pun terancam absen saat MU melawat ke Newcastle United, akhir pekan ini. Cedera tersebut sebenarnya sudah dialaminya saat MU tumbang dari Tottenham Hotspur, akhir pekan silam.  Arief Firhanusa

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Sport - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger