Home » , » Pesta Olahraga Penyandang Cacat Pereburkan 445 Medali Emas

Pesta Olahraga Penyandang Cacat Pereburkan 445 Medali Emas

Written By ericadventure on Selasa, 29 November 2011 | 11.29


Pesta olahraga multievent atlet difabel antarnegara Asia Tenggara atau ASEAN Paragames VI di Kota Surakarta (Solo), 12-22 Desember 2011, akan memperebutkan 445 medali emas.

Ketua Umum Pengurus Pusat National Paralympic Committee (NPC), Senny Marbun ketika dihubungi dari Semarang, Senin, mengatakan jumlah medali emas tersebut sesuai nomor yang dipertandingkan.

Tetapi, kata dia, untuk medali perunggu kemungkinan jumlahnya lebih dari itu karena ada beberapa cabang olahraga yang menerapkan juara tiga bersama sehingga ada satu nomor dengan jumlah medali perunggu dua keping.

Ia menyebutkan, cabang olahraga atletik memperebutkan jumlah medali paling banyak, yaitu 173 medali emas disusul cabang renang 134 medali emas, kemudian tenis meja 45 medali emas, bulu tangkis 21 medali emas.

Cabang olahraga catur memperebutkan 16 medali emas, pin bowling memperebutkan 15 medali emas, panahan sepuluh medali emas, tenis kursi roda memperebutkan delapan medali emas, voli duduk hanya dua emas, sedangkan goal ball hanya satu medali emas.

"Cabang olahraga goal ball hanya mempertandingkan satu nomor karena hanya memainkan kelompok putra, sedangkan untuk putri tidak ada pesertanya," katanya.

ASEAN Paragames VI di Solo mendatang mempertandingkan 11 cabang olahraga dan dari jumlah tersebut hanya satu cabang yaitu goal ball yang dimainkan di Kabupaten Karanganyar (20 kilometer dari Kota Surakarta).

Rencananya ASEAN Paragames mendatang akan diliput 400 media massa dari dalam dan luar negeri dengan melibatkan 800 "liasion officer (LO) dan 200 "voluteer " (VO) yang bertugas mendampingi kontingen dan ofisial.

Selain itu juga melibatkan 25 tim kesehatan. Satu tim terdiri dari seorang dokter, dua orang perawat, satu pengemudi, dan mobil ambulan.

Ke-25 tim kesehatan tersebut berasal dari Dinas Kesehatan Karanganyar dua tim, Dinkes Kabupaten Sukoharjo (satu tim), Kota Surakarta (18 tim), RS dr Moewardi (2 tim), dan RS Ortopedi Prof Dr Soeharso (2 tim). (rif)


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Sport - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger