Home » , , » Capoeira, Seni dan Beladiri yang Makin Digandrungi

Capoeira, Seni dan Beladiri yang Makin Digandrungi

Written By Taufik on Senin, 08 Oktober 2012 | 08.54

(harsem/dok)
Banyak yang Meragukan Kemampuannya dalam Pertarungan Sungguhan
 
Paranawe ... paranawe ...
Begitulah sepenggal bait lagu yang mengiringi para pemain capoeira menunjukkan kebolehan. Olah tubuh yang awalnya berkembang di Brasil itu kini mulai menjamur di kota-kota besar macam Jakarta, Bandung, Surabaya, bahkan Semarang.

Para peminat mengakui, banyak manfaat yang didapatkan dari mempelajari capoeira, selain untuk beladiri tentu saja, di antaranya mengajarkan untuk selalu berpikir strategis saat menganalisa keadaan, mengenal arti kehidupan, disiplin, lebih pandai bergaul, dan ketenangan pikiran; selain tubuh menjadi lebih bugar yang otomatis membentuk kekuatan, ketahanan, dan kelenturan otot.

Capoeira berasal dari Brasil yang dikembangkan oleh budak-budak Afrika sekitar tahun 1500-an pada jaman penjajahan Portugis. Gerakan capoeira lebih terlihat seperti tarian daripada gerakan beladiri itu sendiri.

Kombinasi unik dari tarian dan beladiri inilah yang kemudian mejadikan capoiera menjadi salah satu olahraga beladiri yang banyak digemari di seluruh penjuru dunia, bahkan di Indonesia.

Latihan capoeira biasanya diiringi oleh musik yang disebut Jogo. Sekalipun sering dikritik karena banyak yang meragukan kemampuan capoeira dalam pertarungan sungguhan, namun tidak mematahkan semangat para peminat capoeira untuk tetap menikmati seni beladiri ini.

Tak hanya berbicara soal bagaimana bertarung, olahraga ini juga mengusung filosofi, kebudayaan, dan tentunya manfaat kesehatan yang begitu besar. Nah, jika Anda ingin memiliki tubuh yang indah dan kencang, capoeira bisa menjadi alternatif latihan yang tepat.

Capoeira merupakan latihan kardio yang cukup menyenangkan dan efektif membantu Anda menurunkan berat badan. Latihan ini berfokus pada pelatihan keseimbangan, power, dan koordinasi tubuh, dengan beragam manfaat kesehatan seperti, meningkatkan pembakaran kalori, melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekuatan otot, persendian, mencegah penyakit kardiovaskuler, dan masih banyak lagi.

Bahkan alunan musik tradisional Brasil yang mengiringi Anda sepanjang latihan, dapat membuat Anda berlatih lebih segar dan fun. (rif)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Sport - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger