Home » , , » Ramah Skandal

Ramah Skandal

Written By Taufik on Selasa, 25 September 2012 | 14.30

Wayne Bridge menolak jabat tangan John Terry  (HARSEM/GETTY IMAGE)

KARIER John Terry bersama timnas Inggris memang tak berjalan mulus. Kasus rasial bukanlah aib pertama yang menimpa kapten Chelsea ini.

Terry pertama kali membuat debut untuk timnas Inggris pada Juni 2003 melawan Serbia-Montenegro. Penampilannya yang apik di klub dan kualifikasi Piala Eropa membuat Sven-Goran Eriksson, pelatih Inggris ketika itu memilih untuk menduetkannya dengan Rio Ferdinand di lini tengah di Euro 2004.
Di kualifikasi Piala Dunia 2006, Terry sempat merasakan menjadi kapten saat melawan Polandia ketika Michael Owen yang saat itu menjabat menjadi kapten digantikan dan memberikan ban kapten kepada ayah dua anak tersebut.

Terry menjadi pemain penting bagi The Three Lions di Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Jerman. Penyelamatannya saat menghadapi Trinidad dan Tobago di babak grup membuatnya masuk ke daftar pemain terbaik di Piala Dunia. Sayang, langkah Inggris terhenti di perempat final, mereka harus kalah adu penalti dari Portugal.

Steve McClaren yang menggantikan Eriksson paska Piala Dunia 2006 memberikan jabatan penuh sebagai kapten Inggris. Pertandingan pertamanya sebagai kapten Inggris berakhir manis, Terry mencetak gol dan Inggris menang besar atas Yunani di laga persahabatan. Sayang, prestasi JT tak diikuti timnas, Inggris harus gagal di kualifikasi Euro 2008.

Pergantian manajer dari McClaren ke Fabio Capello membuat status Terry sebagai kapten sedikit terancam, saat itu terdengar rumor jika Capello lebih menyukai Steven Gerrard dan Rio Ferdinand untuk menjadi kapten Inggris.

Tapi Capello meyakinkan jika ia tetap menjadi kapten Inggris sampai Februari 2010, jabatannya dicopot paksa karena skandal pribadinya dengan mantan kekasih Wayne Bridge, Veronica Perroncel terkuak. Capello kemudian memutuskan jika Ferdinand menjadi kapten Inggris menjadikan Terry.

Tak perlu menunggu lama, Capello kembali menjadikannya sebagai kapten pada Maret 2011 menyusul cedera panjang Ferdinand. Namun jabatannya kembali dicopot oleh FA karena kasus rasisme terhadap Anton Ferdinand. Tak setuju dengan keputusan FA, Capello pun mengundurkan diri.

Terry sejauh ini telah mencatat 78 caps bersama timnas Inggris. Selama sembilan tahun mengenakan seragam The Three Lions dia telah membukukan enam gol. Terakhir ia membela Inggris saat kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Moldova, awal bulan ini. (twu)




Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Sport - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger