Home » , » Binaraga Bakal Dipertandingkan di SEA Games Myanmar

Binaraga Bakal Dipertandingkan di SEA Games Myanmar

Written By Taufik on Rabu, 26 September 2012 | 09.02

(harsem/dok)
 Setelah melalui perjuangan sengit, akhirnya binaraga dipertandingkan di SEA Games Myanmar.

Masuknya cabang binaraga di SEA Games XXVII Myanmar 2013 disambut baik oleh insan olahraga olah tubuh tersebut. Apalagi tahun lalu di SEA Games XXVI Jakarta-Palembang cabang binaraga tidak dipertandingkan.

“Yang perlu dijaga adalah bagaimana mempertahankan olahraga ini bisa dipertandingkan setiap SEA Games. Untuk itu, perlu diperkuat lobi-lobi dengan negara ASEAN peserta SEA Games agar binaraga terus dipertandingkan,” kata Kepala Seksi Pembinaan Potensi Prestasi PB PABBSI bidang Binaraga Kemal Nasution.

Tahun lalu binaraga tidak dipertandingkan di SEA Games XXVI karena negara peserta tidak mencapai kuota 5. Padahal hampir setiap negara memiliki atlet binaraga. Untuk itu, perlu lobi-lobi guna meyakinkan negara lain agar ikut berprestasi kendati tidak berpeluang meraih medali.

Masuknya binaraga sebagai salah satu cabang yang dipertandingkan di SEA Games XXVII Myanmar tak terlepas dari lobi-lobi negara lain seperti Malaysya, Indonesia, Thailand, dan Vietnam pada Kejuaraan Binaraga Asia Tenggara, Februari 2012 lalu di Yangon, Myamnar. Indonesia mengirimkan empat atlet dan membawa pulang 1 emas dan 3 perak.

Satu hal yang perlu dijaga atlet binaraga, kata Kemal yang sering menjadi wasit binaraga internasional ini, adalah menghindari kasus doping. Sebab binaraga bisa tidak dipertandingkan untuk selama-lamanya di SEA Games.

“Dalam binaraga dituntut kejujuran dan fair play. Untuk itu semua pelaku olahraga binaraga diimbau menghindari penggunaan doping,” harap Kemal.

Binaraga akan menyeleksi atlet untuk SEA Games setelah PON XVIII berakhir. Hasil PON akan dieveluasi untuk menentukan atlet SEA Games, namun sebelumnya mereka akan diturunkan pada dua event pada bulan Desember di Singapura, yakni Prom Klasik 2 dan Mister Universe Championship. (rif)


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Sport - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger