Home » , , , » Saatnya, Drogba!

Saatnya, Drogba!

Written By arnoldy septiano on Jumat, 18 Januari 2013 | 09.23

Didier Drogba bakal memimpin Pantai Gading untuk menjegal ambisi Zambia memertahankan Piala Afrika yang direbut dua tahun lalu.

AFRIKA Selatan menjadi host pesta sepakbola Benua Afrika edisi 29 yang bakal mulai bergulir Sabtu (19/1) besok. Meski kalah pamor ketimbang Piala Eropa, Piala Afrika tetap punya magis yang selalu dinanti.

Dua tahun lalu, Zambia secara mengejutkan mampu menghentikan dominasi Mesir yang merajai Afrika dalam tiga edisi berturut-turut. Zambia menjadi kampiun Piala Afrika 2011 yang digelar di Gabon dan Guinea Equitorial setelah menumbangkan favorit juara, Pantai Gading lewat adu penalti 8-7 (0-0).

National Stadium, Moses Mabhida Stadium, Nelson Mandela Bay Stadium, Mbombela Stadium, dan Royal Bafokeng Stadium, bakal digunakan untuk mementaskan babak penyisihan grup hingga final, 10 Februari mendatang.

Pantai Gading dan Ghana masih menjadi favorit di kejuaraan dua tahunan ini. Prestasi di Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan, menjadi salah satu alasan para petaruh untuk memilih mereka bakal menjadi kampiun

Dua tim tersebut juga dihuni pemain-pemain yang merumput di Eropa. Didier Drogba akan memimpin Pantai Gading untuk menuntaskan penasaran atas kegagalan dua tahun lalu.

Piala Afrika 2013 bakal menjadi peluang terakhir Drogba untuk mengangkat trofi bersama timnas. Drogba, yang kini berusia 34, dua kali gagal di final. Sebelum takluk di final 2011, pemain Shanghai Shenhua ini juga gagal di final 2006, ketika Pantai Gading takluk di tangan Mesir.

Selain Drogba, tim racikan Sabri Lamouchi juga punya Toure bersaudara, Yaya dan Kolo, juga gelandang Newcastle United Chieck Tiote dan penyerang Arsenal Gervinho. Pantai Gading akan bersaing bersama Togo, Tunisia dan Algeria di Grup D.

Ancaman Ghana
Perempatfinalis Piala Dunia 2010 Ghana tergabung di Grup B bersama Mali, Niger, dan RD Kongo. Asamoah Gyan dkk diprediksi tak akan kesulitan untuk melaju ke perempatfinal. Salah satu sandungan terberat adalah Mali.

Tuan rumah yang tergabung di Grup A akan membuka kejuaraan dengan meladeni tim debutan Semenanjung Verde di National Stadium. Di grup ini, peluang Afrika Selatan untuk lolos cukup berat, karena harus bertarung dengan Maroko dan Angola.

Zambia yang berada di Grup C, akan memulai kampenye memertahankan gelar dengan melawan Ethiopia, Senin (21/1) Mbombela Stadium. Di grup ini, Zambia menjadi favorit bersama Nigeria.

Hajatan Piala Afrika ini juga menjadi fokus para pemandu bakat klub-klub elit Eropa. Dengan bursa transfer musim dingin masih dibuka, emas-emas Benua Hitam tersebut menjadi alternatif yang cukup realistis.

Di satu sisi, kejuaraan yang sudah bergulir sejak 1957 itu bakal memusingkan para manajer klub-klub Eropa. Mereka harus merelakan ditinggal pemain-pemain Afrika yang harus memenuhi tugas negara.

Besok, genderang perang bakal ditabuh. Mampukah Didier Drogba cs memenuhi ambisi menjadi kampiun untuk kali kedua setelah 1992? (twu)

Pembagian Grup Piala Afrika 2013

GRUP A
Afrika Selatan
Angola
Maroko
Semenanjung Verde

GRUP B
Ghana
Mali
Niger
RD Kongo

GRUP C
Zambia
Ethiopia
Nigeria
Burkina Faso

GRUP D
Pantai Gading
Togo
Algeria
Tunisia
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Sport - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger