Written By arnoldy septiano on Rabu, 23 Januari 2013 | 09.10

Adane Grima menjadi penyelamat Ethiopia
ZAMBIA gagal melewati ujian perdana di Piala Afrika 2013. Berstatus juara bertahan,  tim berjuluk The Copper Bullets itu hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan 10 pemain Ethiopia.

Partai di Grup C yang digelar di Mbombela Stadium, Nelspruit, Senin (21/1) malam WIB, Ethiopia punya peluang emas untuk unggul di menit ke-25 lewat tendangan penalti. Penalti ini diberikan menyusul pelanggaran Chisamba Lungu terhadap Saladin Said.

Tapi, Saladin yang maju sebagai algojo tak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Tembakannya bisa dibaca dengan sempurna oleh kiper Kennedy Mweene. Di menit 36, Ethiopia harus bermain dengan 10 orang setelah kiper Jemal Tassew dikartu merah setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Chisamba di luar kotak penalti.

Collins Mbesuma akhirnya membuka keunggulan Zambia di akhir babak pertama. Meski dikawal dua bek lawan, pemain Orlando Pirates ini masih bisa menusuk ke kotak penalti sebelum menyarangkan bola ke dalam gawang lewat tembakan kaki kirinya.

Tapi, Ethiopia yang kalah jumlah pemain tak menyerah begitu saja. Mereka justru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-65. Memanfaatkan umpan Saladin, Adane Grima menjebol gawang Zambia dan mengubah skor jadi 1-1.

Di partai lainnya, Nigeria juga hanya mampu bermain imbang 1-1 versus Burkina Faso. Menghadapi Burkina Faso di Mbombela Stadium, Nelspruit, Selasa (22/1) dinihari WIB, Nigeria mencetak gol pada menit ke-22 lewat sepakan Emmanuel Emenike.

Namun, di menit 74 Nigeria kehilangan satu pemainnya setelah Efe Ambrose harus meninggalkan lapangan karena menerima kartu kuning kedua. Unggul jumlah pemain mampu dimaksimalkan Burkina Faso. Alain Traore mencetak gol penyeimbang di menit-menit akhir pertandingan. (twu)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Sport - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger