Home » , , , » Belanda vs Jerman, Demi Harga Diri

Belanda vs Jerman, Demi Harga Diri

Written By Khoierzblogs on Rabu, 14 November 2012 | 09.02

Perseteruan Belanda dan Jerman kembali hadir di Amsterdam Arena. Meski tanpa sejumlah pilar terbaik, partai ini tetap saja bakal menyajikan cerita menarik.

LIMA bulan silam, tepatnya 14 Juni 2012, Belanda harus mengubur ambisi untuk melangkah jauh di Piala Eropa. Di Stadion Metalist, Kharkiv, dua gol dari Mario Gomez hanya bisa dibalas satu gol oleh Robin van Persie. Belanda pun menelan kekalahan kedua dalam fase grup Euro 2012.

 Itu hanya sedikit cerita dari perseteruan kedua tim yang sama-sama pernah merajai Eropa. Ya, sebelum era dominasi Spanyol, de Oranje maupun die Mannschaft menjadi kekuatan dahsyat di Benua Biru.
    
Masih ingat duel final Piala Dunia 1974 saat Jerman berjaya di rumah sendiri? Der Panzer sukses menghentikan laju Johan Cruyff bersama Singa Oranye yang menjadi tim terbaik di turnamen tersebut dengan skor 2-1.
    
Empat belas tahun kemudian, giliran skuad Kincir Angin yang mempermalukan Jerman di semifinal Euro 1988. Jerman yang menjadi tuan rumah tak mampu meredam Marco van Basten cs yang selanjutnya menjadi kampiun—satu-satunya gelar yang pernah diraih Belanda sampai saat ini.
    
Lalu masih ada cerita insiden ludah Frank Ridjkaard dan Rudi Voeller di Piala Dunia 1990. Cerita-cerita itu menggambarkan betapa sengitnya rivalitas keduanya. Tak berlebihan jika manajer tim Der Panzer Oliver Bierhoff menyebut duel di Amsterdam Arena, Kamis (15/11) dinihari nanti lebih dari sekadar label ujicoba.
"Pertandingan ini tidak akan seperti pertandingan ujicoba biasa. Rivalitas kedua tim terlalu kuat. Belanda pasti akan berusaha untuk membalas kekalahan di Euro," beber mantan bomber AC Milan ini seperti dilansir Soccerway.

Bierhoff sadar skuad Oranye saat ini berbeda dengan kekuatan di Euro 2012 lalu. Kendali tim saat ini sudah berpindah tangan dari Bert van Maarwijk ke Louis van Gaal. Bersama mantan arsitek Bayern Muenchen itu Belanda sudah kembali menemukan jatidiri mereka dengan sentuhan total football.

Singa Oranye memetik hasil sempurna di empat laga kualifikasi Piala Dunia 2014. Arjen Robben cs kini memimpin Grup D dengan 12 angka.

Tanpa Pilar Muenchen
Namun, pelatih Jerman Joachim Loew masih dibuat pusing dengan absennya empat pilar yang membela Bayern Muenchen. Toni Kroos, Bastian Schweinsteiger, Mario Gomez, Holger Badstuber dan Jerome Boateng dipastikan tidak dibawa ke Amsterdam. Begitu juga dengan gelandang Real Madrid, Mesut Ozil dan Sami Khedira.
 
Jerman sendiri mengaku belajar banyak dari laga internasional sebelumnya, di mana mereka ditahan imbang Swedia 4-4. Pada pertandingan tersebut, Jerman unggul 4-0 lebih dulu, namun Swedia mampu mengejarnya sebelum laga habis.
 
Dari kubu Belanda, winger Arjen Robben yang kembali dipanggil setelah absent di dua laga sebelumnya juga menyoroti penurunan performa sang lawan. Menurut sayap Bayern Muenchen itu, tekanan tinggi kini tengah disandang Jerman usai ditahan imbang Swedia.
 
"Jerman tengah berusaha keras mengembalikan kebanggaan mereka," kata Robben kepada Ons Oranje.
Menjamu Jerman nanti, Belanda tidak bisa diperkuat Robin van Persie dan Wesley Sneijder yang masih berkutat dengan cedera. Meski tanpa pilar terbaik, laga ini tetap saja bakal berlangsung panas hingga akhir. (twu)

PRAKIRAAN PEMAIN
Belanda 4-3-3: Stekelenberg—Heitinga, Vlaar, Martins Indi, van Rihjn, van der Vaart, De Jong, Strootman, Robben, Huntelaar, Lens
Pelatih Louis van Gaal

Jerman 4-2-3-1: Neuer—Lahm, Mertesacker, Hummels, Howedes, Westermann, ter Stegen, Muller, Reus, Podolski, Klose
Pelatih Joachim Loew

Rekor Pertemuan
14/06/12    Piala Eropa    Belanda 1-2 Jerman
16/11/11    Ujicoba        Jerman 3-0 Belanda
17/08/05    Ujicoba        Belanda 2-2 Jerman
16/06/04    Piala Eropa    Jerman 1-1 Belanda
20/11/02    Ujicoba        Jerman 1-3 Belanda



Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Sport - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger