Diberdayakan oleh Blogger.
Latest Post

Dipimpin Wasit Kontroversial

Written By p3joeang45 on Rabu, 30 November 2011 | 09.28

Meski El Clasico baru digelar Minggu (11/12) WIB, Asosiasi Sepakbola Spanyol sudah menunjuk wasit. Fernandez Borbalan kembali dipercaya menjadi wasit di partai yang selalu menegangkan dan sarat gengsi tersebut. Ini bukan kali pertama baginya menjadi wasit El Classico.

Sebelumnya, ia telah menjadi wasit El Classico pada leg 2 Piala Super Spanyol awal musim lalu. Kala itu Borbalan menuai kritik dari beberapa kalangan. Dia dianggap membuat beberapa keputusan yang merugikan, salah satunya mengesahkan gol Cristiano Ronaldo yang berdiri dalam posisi offside.

Pertandingan juga ricuh setelah keluarnya tiga kartu merah dari saku wasit berusia 38 ini, masing-masing bagi David Villa, Mesut Ozil, dan Marcelo.

Bukan El Classico namanya jika pertandingan tidak bertensi tinggi. Buntut dari ketegangan pemain, ketika pertandingan usai, Jose Mourinho bersitegang dengan asisten pelatih El Barca Tito Villanova. Ia juga tertangkap kamera mencubit bagian wajah Villanova. (rif)


Indonesia vs LA Galaxy Pembuktian Greg Nwokolo

Pemain naturalisasi asal Nigeria, Greg Nwokolo, siap berhadapan dengan David Beckham pada pertandingan persahabatan Indonesia Selection kontra LA Galaxy di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, nanti malam.

Peluang untuk bentrok dengan Beckham memang cukup besar karena Greg Nwokolo beroperasi di kiri (baik sebagai gelandang dan striker), sementara mantan kapten timnas Inggris itu spesialisasi di sayap kanan.

"Ini adalah debut saya di timnas. Saya berharap bisa menjadi hari yang indah apalagi harus berhadapan dengan tim yang banyak pemain bintangnya," kata Greg, kemarin.

Menurut dia, Beckham adalah pemain hebat sehingga membuat banyak klub ingin menggunakan jasanya. Dengan demikian momen ini akan digunakan sebaik-baiknya oleh pemain Pelita Jaya itu.

"Saya akan mencoba memberikan yang terbaik (untuk Indonesia) pada pertandingan nanti," kata pemain yang musim lalu membela klub Persija ini.

Greg adalah satu di antara tiga pemain naturalisasi yang masuk dalam 21 pemain yang dipanggil oleh Rahmad Darmawan guna menghadapi LA Galaxy. Pemain naturalisasi lain adalah Cristian Gonzales dan Victor Igbonefo.

Sedangkan pemain asli Indonesia yang dipanggil merupakan gabungan dari pemain timnas U-23 yang sebelumnya turun di SEA Games 2011 serta pemain timnas senior di antaranya Andik Vermansyah, Hasim Kipuw, Diego Michiels, Egi Melgiansyah, Patrich Wanggai, dan Abdul Rahman.

Para senior yang dipanggil adalah Bambang Pamungkas, Hamka Hamzah, Firman Utina, Ahmad Bustomi, serta Muhammad Ridwan.

Tibo dan Boas Absen
Khusus untuk LA Galaxy, selain superstar David Beckham juga akan diperkuat oleh Robbie Keane yang merupakan kapten timnas Wales, Landon Donovan, Todd Dunivant dan Omar Gonzales.

Beckham menganggap melawan Indonesia Selection tidak akan mudah. Dari yang dia tahu, Indonesia memiliki banyak peman muda berbakat. "Tapi, kami tentu ingin memenangi pertandingan," tegasnya.

Sementara itu, pelatih Rahmad Darmawan Selection menyatakan sangat senang pemain Indonesia bias mendapatkan lawan ujitanding berkualitas. "Pertandingan ini bisa jadi tolak ukur sejauh mana level kita. Saya sudah meminta pemain untuk tampil fight," kata Rahmad.

Sayang, meladeni LA Galaxy, tidak semua pemain terbaik Tanah Air bisa hadir. Mereka yang absen adalah duo Persipura Titus Bonai-Boaz Solossa, serta bek Semen Padang Abdulrahman.

Polda Metro Jaya kabarnya mengerahkan 2.819 personel untuk mengamankan ujicoba ini. (rif)

Pep Tak Pikirkan El Clasico

Pep Guardiola mengaku tak memusingkan El Clasico di jornada ke-16 La Liga. Padahal, duel ini menjadi momentum bagi Barca merebut puncak klasemen dari tangan Real Madrid. Skuad Pep saat ini berada di trap kedua dengan raihan 28 poin dari 13 laga. Selisih 6 poin dari Real Madrid yang bertengger di puncak klasemen.

Guardiola lebih fokus pada sejumlah laga penting selama dua pekan mendatang. Sebelum menghadapi Los Blancos, Barcelona akan melawan Rayo Vallecano, Levante, dan BATE Borisov.

Dan duel Clasico baru akan benar-benar menjadi pusat perhatian Guardiola, jika memang telah tiba waktunya. "Kekhawatiran saya adalah Getafe, Rayo Vallecano, Levante dan BATE Borisov. Saya baru akan mempersiapkan diri untuk El Clasico jika waktunya telah tiba," kata Guardiola kepada Marca. Dan kecemasan itu beralasan. Barca dilalap Getafe 0-1.

"Dalam kompetisi ini, semua laga sangat penting. Dan kami menghormati setiap lawan. Jika kami tidak berada pada tingkat permainan mereka, maka kami bisa kehilangan poin," tambahnya. (rif)


Membagi Ilmu untuk 250 Anak

Setelah tiba di Jakarta, Senin, Los Angeles Galaxy akhirnya berkesempatan mencicipi lapangan Stadion Gelora Bung Karno. Sekitar pukul 14.00, kemarin. klub Amerika Serikat itu menumpang dua buah bus dari Hotel Ritz-Carlton, tempat mereka menginap, ke GBK.

Agenda pertama yang dijalani Galaxy adalah coaching clinic. Dalam acara ini, anak asuhan Bruce Arena yang berjumlah 27 orang memberikan pelatihan sepakbola singkat kepada 250 anak.

Meski cuaca menyengat, peserta coaching clinic tampak bersemangat menyerap ilmu. Para pemain Galaxy juga antusias berbagi ilmu dan sedikit memamerkan kebolehannya. Acara coaching clinic berlangsung sejam, berakhir pukul 15.00. Setelah itu, Galaxy masuk ke ruang ganti sejenak.

Tak lama, Beckham cs keluar lagi dan melakukan ujicoba lapangan.
Suasana tim Galaxy tampak sangat ceria. Semua pemain melakoni semua agenda hari ini dengan senyum lebar di wajah mereka dan sesekali becanda dengan rekannya.

Sekitar pukul 16.15, Galaxy menyudahi sesi jajal lapangan. Mereka keluar dari GBK dan kembali ke Hotel Ritz-Carlton. (rif)


El Clasico Madrid Lebih Siap

El Clasico edisi 163 baru digelar sepuluh hari lagi dari sekarang, tapi Real Madrid sepertinya sangat siap, baik dari rapor pertandingan, maupun spirit bertanding.

Menyimak secara keseluruhan, Real Madrid berada dalam performa apiknya. Faktanya, tim polesan Jose Mourinho itu masih memegang kendali pimpinan klasemen. Menilik lima partai terakhir, Madrid tampil superior atas pesaingnya.

Penghuni Santiago Bernabeu tersebut belum pernah imbang, apalagi menelan kekalahan. HebatnyaMadrid  selalu mengemas kemenangan lebih dari satu gol, baik di level domestik maupun Eropa.

Di mulai dengan membungkus Olympique Lyon 2-0, menggasak Osasuna 7-1, menjinakkan Valencia 2-3, dilanjutkan memukul Dinamo Zagreb 6-2 di panggung Liga Champions, dan terakhir menjadi penguasa Madrid setelah menundukkan rival sekota Atletico Madrid 4-1 di partai bertajuk “El Derby Madrileno”.

Rantai kemenangan ini menjadi bukti sahih, Madrid lebih serius melakoni partai prestisius kontra Barcelona yang berlangsung pada jornada ke-16, Minggu subuh, 11 Desember 2011, pukul 04.00 WIB. Ini masih ditambah produktivitas gol Madrid yang menyentuh 46 angka memasuki pertengahan musim membuat Los Merengues – julukan lain Madrid – boleh diunggulkan di pasar taruhan.

Tanpa mengecilartikan Barcelona, Lionel Messi cs bukannya tidak berada dalam performa terbaik. Mungkin mereka hanya sedikit kehilangan ritme permainan. Entah gaya permainan yang bisa dibaca pesaingnya, atau faktor lain, terpaut enam angka di klasemen La Liga, Barcelona harus bekerja keras merebut pucuk pimpinan klasemen.

Yang paling menghebohkan, tentu di akhir pekan ini saat Azulgrana tumbang di tangan tim papan tengah Getafe. Meski kalah tipis 0-1, Barca tetap memiliki kans besar mencuri poin penuh di Santigo Bernabeu, terutama bila mencermati rekor pertemuan kedua seteru ini musim lalu di panggung La Liga.

Barcelona berhasil merebut kemenangan spektakuler lima gol tanpa balas di duel perdana dan bermain imbang 1-1 di pertemuan kedua edisi 2010/11. Maklum, Selama ini El Clasico selalu menjadi referensi terdepan untuk menjadi acuan siapa yang bakal menguasai La Liga di akhir musim nanti. Meski tidak sepenuhnya relevan.

Mitos yang berkembang, siapa yang berhasil meraih kemenangan pertama dalam El Clasico, tim tersebut bakal meraih gelar juara La Liga. Prediksi berbau tahayul memang. Tapi kebetulan atau tidak, musim lalu faktanya demikian. Barcelona kembali mempertahankan gelar juaranya setelah merebut kemenangan di leg pertama Primera Division.

Jika berandai-andai, Madrid sukses merebut kemenangan di partai perdana kontra Barcelona, akankah raksasa Ibukota itu akan mengakhiri gelar paceklik La Liga yang terakhir kali mereka raih pada 2007/08 silam?

Sulit meneropongnya karena, sekali lagi, sepakbola bukan matematika yang bisa ditebak hasil akhirnya. Semua masih bisa terjadi. Tapi yang pasti, El Clasico nanti bakal menyajikan perang bintang yang sengit di dataran benua biru.

Spirit Tim Tambang
Kekalahan dari Getafe membuat Barcelona makin tertinggal dari Real Madrid di klasemen sementara. Namun, karena musim masih panjang, kubu klub yang didirikan oleh para pekerja tambang ini masih yakin mampu menyalip rival abadinya tersebut.

Barca baru saja merasakan kekalahan perdana di semua kompetisi pada musim ini. Bertandang ke markas Getafe, Minggu (27/11) dinihari WIB, skuad asuhan Pep Guardiola takluk 0-1.

Kekalahan ini memang tak mengusik posisi Barca di peringkat kedua klasemen sementara Liga Spanyol. Tapi, kini mereka terpaut enam poin dari Madrid yang berkuasa di puncak. "Kami tertinggal jauh (dari Madrid), tapi masih banyak waktu. Ini belum selesai," kata David Villa.

Optimisme serupa diungkapkan Gerard Pique. Pique juga yakin timnya masih mampu bertarung dalam perebutan titel. "Saya yakin bahwa tim akan memebrikan segalanya untuk bertarung demi titel pada akhir musim," ucap Pique. "Kami adalah Barca dan kami akan bergerak maju," tuturnya.

Bek Dani Alves bahkan menyebut Real Madrid menyulut semangat timnya setelah berhasil memimpin 6 poin di atas Barca di papan klasemen La Liga. Alves menolak menyerah mengingat masih tersisa 25 pertandingan dan meminta rekan satu timnya fokus di laga krusial, El Clasico. Jika kalah, maka Barca akan kesulitan mengejar selisih 9 poin dari Madrid.

"Banyak orang mengunggulkan Real Madrid sekarang. Tetapi tantangan ini akan membuat kami lebih bersemangat dan lebih bergairah lagi. Dan beruntung bagi kami masih banyak pertandingan tersisa," tandas Alves.

Selisih poin, masih tutur Alves, akan menjadi 9 jika Barca kalah di Bernabeu, dan itu selisih yang besar. “Tidak ada ruang untuk membuat kesalahan, kami akan pergi kesana dan bermain seperti yang biasa kami lakukan," cecar Alves.

Sebelum laga El Clasico, Barca lebih dahulu menjamu Rayo Vallecano di laga tengah pekan, dilanjutkan menyambut Levante di Camp Nou, akhir pekan nanti. ***

Karena EP, Steven Kembali


Steven Anderson dipastikan akan segera kembali ke Kota Semarang. Menurut manajemen PSIS, pemain gelandang serang  tersebut tengah mengurusi keberangkatannya dari Makassar. Sesampainya di Kota Lunpia, ia sudah siap mengikuti latihan bersama rekan-rekannya.
''Apa yang menjadi hak pemain telah dipenuhi. Tidak ada persoalan lagi dengan steven. Dari komunikasi yang kami lakukan, dia pun berjanji akan datang ke Semarang dalam waktu dekat ini,'' Manajer Teknik Maryanto.

Sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa mantan pemain PSIM Yogyakarta itu akan mengikuti jejak Johan Ibo hengkang dari PSIS. Hal itu dikarenakan, manajemen belum memenuhi kewajibannya kepada pemain. Steven pun sempat didekati sejumlah tim seperti Arema Indonesia, Pelita Jaya, dan PSMS Medan.

Ketika dikonfirmasi, Steven mengaku sempat melakukan pembicaraan dengan manajemen dan pelatih Arema Indonesia. Saat itu, dia kecewa lantaran PSIS yang belum memenuhi sisa uang kontrak. Untung saja, manajemen telah memberikan haknya sebelum sepakat dengan Arema terjadi.

''Ya, ada beberapa tawaran di tim lain. Tapi setelah berpikir masak-masak, saya memilih untuk tetap di PSIS. Hati saya sudah tertinggal di Semarang. Besok (hari ini, red) saya akan berangkat dari Makassar ke Semarang. Mungkin lusa baru bisa berlatih dengan para pemain lainnya,'' papar Steven.

Salah satu penyebab kedekatannya dengan PSIS adalah faktor pelatih. Dia mengatakan, wajah, kacamata,serta karakter Edy Paryono mengingatkannya kepada sang ayah. Keras dalam melatih, namun sebenarnya memiliki sifat kebapaan di luar lapangan.

“Saya suka ketika berada di dekat pelatih, karena mengingatkan saya pada memori ayah saya,” ujarnya.

Ia mengaku sempat merasa kurang nyaman terhadap keputusan pelatih yang  menempatknnya  bukan di posisi favoritnya yakni sayap kiri. Namun, Steven menghargai sepenuhnya kebijakan pelatih. Karena keputusan pelatih disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tim.

“Saya percaya betul dengan pelatih, semua karena kebutuhan tim. Saya mencoba memberikan yang terbaik atas hal itu,” ungkapnya (wse/rif)

Buru Pengganti Ibo


Pelatih PSIS Edy Paryono dituntut untuk bergerak gesit untuk segera mencari pemain yang akan mengisi pos belakang. Pasalnya, bek asal Papua Johan Ibo menyatakan hengkang dari tim kebanggaan public Semarang ini.

“Sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah, karena masih ada sejumlah pemain yang mengisi sektor itu. Tapi kalau manajemen menghendaki perlu adanya pengganti, ya segera kami akan membicarakan ini kepada manajemen,” ujar Edy Paryono.

Sebelum memutuskan siapa yang nantinya akan menggantikan Ibo, pelatih berkacamata ini mematok beberapa kriteria yang harus dipenuhi.  Di antaranya memiliki postur tubuh yang tinggi dan heading yang bagus. Tidak kalah penting, adalah mental matang serta berkarakter pemain bertahan yang cerdas.

Untuk mempersempit area pencarian, Laskar Mahesa Jenar ingin mendatangkan pemain yang memiliki level tak jauh dibandingkan Ibo. Minimal pernah bermain di Divisi Utama. Bila mendapatkan pemain yang pernah tampil di level lebih tinggi, maka akan semakin baik.

''Minimal, sosok itu memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Ibo. Bila terlalu jauh di bawah, maka pencarian menjadi tidak efektif,'' tegasnya.

EP, begitu sapaannya, mengaku sempat berkomunikasi dengan bek Timnas Indonesia Gunawan Dwi Cahyo terkait persoalan tersebut. Saying, pemain yang pernah berkostum PSIS itu berkeinginan memperkuat tim-tim yang tampil di kompetisi profesional level I.

Di mata pelatih, Ibo memiliki catatan cukup bagus. Selain terampil di posisi bertahan, pemain jangkung itu juga tampil cukup baik saat ditempatkan sebagai gelandang maupun striker. Bahkan dia menciptakan satu gol saat PSIS beruji coba melawan Unnes di Stadion Jatidiri, beberapa waktu lalu.

Namun demikian, Ibo yang pernah berkostum Persebaya 1927 itu memilih hengkang dari PSIS. Dia merasa tidak cocok dengan manajemen dan berencana memperkuat tim-tim Indonesia Premier League (IPL). Di antaranya Persiraja Banda Aceh dan Persiba Bantul.

“Ya, kami tidak bisa memaksa kalau itu sudah pilihannya. Mungkin memang belum jodoh untuk bermain di sini,” imbuh General Manager PSIS Setyo Agung Nugroho. (wse/rif)

Liga Pecah Belah


Seolah menapaki rute musim-musim sebelumnya yang payah, Liga Indonsia musim ini juga parah.

LIGA Indonesia, tak terkecuali kompetisi divisi utama musim ini diciptakan terpisah. Seoalah ada sekat yang memisahkan klub-klub dengan sikap berbeda.

Klub Jateng tak ketinggalan. Lima klub divisi utama telah menyatakan sikap masing-masing. Dua klub yang memilih mencari posisi aman dengan mendukung langkah PSSI ialah PPSM dan PSCS yang siap berkompetisi di bawah PT LPIS.

“Kami tetap ikut PSSI saja dan semoga dengan adanya dukungan dari klub PSSI tetap menjalankan amanat kongres dan klub,” jelas Direktur Administrasi PT Bina Putra Alam Persada (PSIR), Charis Kurniawan.

Hal yang sama, PSIS menegaskan tetap mengusung bendera reformasi di bawah kepemimpinan Djohar Arifin Husin. Mahesa Jenar menjadi satu-satunya klub divisi utama Jateng yang berada di bawah bendera konsorsium eks LPI.

Klaim PSSI atas PT LPIS meski belum disahkan sebagai penyelenggara liga melalui kongres PSSI hanya mendapat perlawanan dari tiga klub, yakni Persiku, Persip, dan Persitema.

Persiku, telah mengirimkan kesanggupan ke PT Liga Indonesia melalui faksimil, 19 November lalu. Namun, manajemen Laskar Muria saat diklaim mengikuti kompetisi level dua. Persiku masuk dalam pembagian grup divisi utama PT LPIS bersama PSIS.

“Itu tetap tidak mengubah keputusan kami, dan Persiku juga tidak pernah mengirimkan wakil ke manajer meeting kenapa ada di pembagian grup,” tegas Asisten Manajer Persiku, M Irfan.

Hal yang sama dialami Persip. Meski telah terdaftar di PT LPIS, manajemen Laskar Kalong akhirnya memutuskan berkompetisi di bawah PT LI. Alasan Persip mendasar, yakni tetap berkompetisi sesuai hasil kongres Bali dan statuta PSSI.

“Pengelolaan di bawah PT LI lebih jelas dan profesional karena bukan PT dadakan yang tidak paham sepakbola. Kami masih berharap kedua kubu berkompromi,” ujar Manajer Persip Budi setiawan.

Sementara itu, Persitema Temanggung masih belum menentukan sikap meski tak terdaftar di PT LPIS. Namun, Laskar Bambu Runcing (julukan Persitema) mengisyaratkan akan beringsut ke PT Liga Indonesia setelah tidak dihiraukan PT LPIS. (rif)

Pertebal Mental, Rileks Sebelum Duel

 
SEDIKIT waktu yang tersisa sebelum mempertahankan gelar Super Champion kelas bulu (57,1 Kg) WBA melawan Stanyslav Merdov dimanfaatkan Chris John untuk menyiapkan mental. Dia ingin strateginya berjalan mulus dalam duel yang digelar di Challenge Stadium, Mt Claremont, Australia  tersebut.

“Sekarang saya santai-santai saja, berusaha untuk enjoy lah, tinggal menjaga kondisi agar tidak sakit. Mental juga sudah saya siapkan, yang terpenting pikiran harus tenang,” kata lewat sambungan internasional, kemarin sore.

Menurut Chris, ketenangan sebelum betanding itu sangat penting untuk membantunya selalu fokus. Sebab, strategi yang telah disiapkan olehnya bisa tidak berjalan jika tidak dalam kondisi pikiran yang tenang.

Saat ini, Chris John juga sedang mendapatkan tambahan semangat dan bisa semakin tenang menjalani pertarungan melawan juara Eropa tersebut. Penyebabnya, sang istri sudah berada di Perth untuk mendampinginya bertanding.

Bukan hanya itu, Chris John bersama manajemennya juga berencana untuk mempersiapkan sang istri Anna Maria Megawati naik ke atas ring. Tapi bukan untuk mendampinginya bertanding, melainkan untuk menyanyikan lagu Indonesia raya.

“Kalau jadi nanti dia yang menyanyi. Saya pikir, daripada orang lain, istri saya kan juga bisa kalau menyanyi Indonesia Raya. Dia yang menyanyi, saya yang bertanding,” ujarnya lantas tertawa.

Selain mempersiapkan mental, Chris John juga terus mengontrol berat badan. Karena itu, makanan yang dikonsumsinya pun sudah diatur sedemikian rupa sehingga dirinya tak sampai kelebihan berat badan pada acara timbang badan, sore nanti.

Sementara itu, pelatih Craig Christian menguatkan pernyataan anak didiknya. Menurutnya, kondisi petinjunya sudah sangat siap untuk bertanding melawan petinju dengan karakter Eropa Stanyslav Merdov. (rif)

Chris John v Stanyslav Merdov Andalkan Pukulan Jarak Dekat


Sang Naga kembali berlaga. Kali ini lawannya asal Ukraina, dengan tubuh yang sangat menjulang. Seberapa kuat Chris John bertahan?

Petarung nomor wahid Indonesia saat ini, Chris John, bakal mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu versi Asosiasi Tinju Dunia (WBA) untuk ke-15 kalinya di Hall Stadium MT Claremount, Australia Barat, sore hari ini, melawan Stanyslav Merdov, petinju asal Ukraina.

Seberapa siap pria Banjarnegara itu? "Saya sudah sangat siap. Saya menjalani masa persiapan yang cukup,” lontar Chris. Yakin mampu mempertahankan sabuk? “Benar, saya sangat percaya diri mampu mempertahankan gelar," imbuhnya.

Pemilik gelar Super Champion di kelas bulu WBA itu mengakui sudah mengantongi strategi pertarungan jarak dekat guna mengatasi Merdov. "Dia lawan yang berbahaya, terutama karena memiliki tubuh lebih tinggi dari saya dan jangkauan yang lebih panjang," katanya.

Merdov memiliki jangkauan pukulan mencapai 184 centimeter. Sedangkan jangkauan “Sang Naga”, julukan Chris John, hanya mencapai 175 cm.

Lewat strategi pukulan jarak dekat, Chris ingin melancarkan pukulan-pukulan lebih banyak. "Jika saya mengambil jarak, itu akan menguntungkan Merdov karena ia memiliki jangkauan yang lebih luas," katanya.

Seperti biasanya, Chris tidak menetapkan target menang KO atau tidak. "Yang pasti saya akan bertarung seperti biasa. Terus mencari celah dan begitu ada kesempatan memukul KO pasti saya akan melakukannya," ujarnya.

Berat Badan Ideal
Sementara itu, kemarin sekitar pukul 16.00 waktu setempat kedua petinju menjalani acara timbang badan menjelang pertarungan perebutan gelar ini. Berat badan Chris 56,8 kg, sedangkan Merdov 57,1 kg.

Gelar tinju internasional ini juga akan diramaikan petinju asal Kalimantan Barat Daud Yordan yang bakal bertarung melawan petinju Amerika Serikat Frankie Archuleta untuk kejuaraan IBO Asia Pasifik.

Pertarungan Chris versus Merdov bakal dipimpin wasit Thailand Pinit Prayadsab dengan juri Francisco Martinez (Selandia Baru), Takeo Harada (Jepang), dan Prommase Chakshuksha (Thailand).

Tidak seperti biasanya, duel Chris-Merdov maupun Yordan-Frankie merupakan partai tambahan selama 12 ronde, sedangkan partai utamanya Danny Green (Australia) kontra Krzystof Wlodarczyk (Polandia) di kelas penjelajah.

Chris John yang lahir di Jakarta, 14 September 1979 tersebut memiliki rekor bertarung 45 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri selama ini sudah memainkan 371 ronde.

Petinju dengan tinggi badan 169 centimeter ini mengalami dua kali pertarungan seri saat melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela) dan Rocky Juarez (Amerika Serikat), tetapi pada pertarungan keduanya berhasil memenanginya.

Sementara itu calon lawannya, Stanyslav Merdov kelahiran Mariupol, Ukraina, 12 April 1976, memiliki rekor bertarung 32 kali menang (24 di antaranya dengan KO) dan tujuh kali kalah (sekali di antaranya dengan KO) sudah memainkan pertarungan sebanyak 247 ronde.

Pertarungan kali ini akan menjadi pertarungan pilihan buat Chris yang ke-10. Sebelumnya, ia sangat dinantikan melakoni laga wajib atau mandatory fight melawan petinju Kuba, Yuriorkis Gamboa, namun batal. Untuk selanjutnya, Chris kemungkinan besar akan ditantang mantan pemilik gelar super champion kelas bulu versi Organisasi Tinju Internasional (IBO) asal Australia, Billy Dib. ***

Dua Pekan Lagi, EP!

Written By ericadventure on Selasa, 29 November 2011 | 12.13


Tak ayal, Edy Paryono kini berlari dan bergegas menggarap PR-nya, sebelum gong kompetisi ditabuh.

Pelatih PSIS Edy Paryono hanya memiliki waktu dua pekan untuk memoles pasukannya dalam menghadapi kickoff Divisi Utama yang mulai diputar, 10 Desember mendatang. Dalam waktu yang tersisa ini, ia mengatakan akan memanfaatkan untuk mematangkan teknis maupun strategi permainan.

“Dengan waktu yang mepet, kami akan menjamah semua yang dibutuhkan tim sebelum bertanding. Mulai tehnik, fisik, permainan tim. Semua harus diasah sampai benar-benar siap bersaing,” ujar pria yang akrab disapa EP ini, kemarin.

Ia menambahkan, selama beberapa kali menjalani ujicoba, EP dapat melihat kelebihan dan kekurangan timnya. Sehingga masih perlu pematangan kembali di sektor permainan maupun kemampuan individu pemain.

“Sebenarnya strategi sudah dibuat, untuk saat ini tinggal mematangkan. Di beberapa laga ujicoba sudah terlihat kelemahan ataupun kelebihan. Terpenting, para pemain harus benar-benar fokus untuk persiapan ini,” lanjutnya.

EP juga optimistis sisa waktu sebulan cukup untuk memoles pasukannya sebelum menjalani laga pembuka, yang kebetulan PSIS didaulat sebagai tuan rumah menjamu Persik Kediri di Stadion Jatidiri, 10 Desember nanti.

“Kami tidak keluhkan waktu. Apapun yang terjadi kami siapkan semuanya dengan baik. Kami berharap tidak ada lagi persoalan-persoalan yang mengganggu konsentrasi pemain,” paparnya.

Terkait jadual yang dikeluarkan PSSI, pelatih berkacamata minus ini mengaku tidak keberatan. Pasalnya, jarak pertandingan cukup panjang yaitu minimal satu minggu.

“Kami sudah melihat jadual pertandingan. Ya, lumayan panjang jeda antar-pertandingan. Cukup untuk istirahat dan juga mempersiapkan pertandingan berikutnya,” tuturnya.

General Manager Setyo Agung Nugroho menambahkan, para pemain yang masih memikul persoalan di luar tim supaya segera diselesaikan,. Sebab, tim kebanggaan public Semarang ini harus fokus menghadapi kompetisi.

“Kami berharap mereka yang izin untuk segera kembali mengikuti latihan, mengingat waktunya sangat mepet,” katanya.

 

Fokus Hadapi Kompetisi
Di sisi lain, Agung mengimbau kepada para pemain supaya lebih fokus mempersiapkan diri menghadapi kompetisi yang tinggal menghitung hari. Menurutnya sudah tidak ada waktu lagi untuk bersantai, mengingat tim-tim lain sudah memasuku tahapan kematangan.

“Kami berharap kepada para pemain yang ingin menyelesaikan persoalan supaya dilakukan sebelum kompetisi. Karena saat kompetisi berlangsung sudah tidak ada pilihan lagi dan harus benar-benar fokus untuk tim,” ujar Agung, kemarin.

Ditambahkan, pemain yang hingga kini tengah ijin mengurusi masalah di kampung halamannya juga diharapkan segera kembali untuk menjalani latihan secara intensif. Mereka adalah Stiker Vitor Borges de Souza, Johan Ibo, dan Steven Anderson.

“Semua pemain yang sedang pulang kampong sudah kami hubungi, mereka mengaku akan segera kembali ke Semarang. bahkan sudah ada yang dalam perjalanan,” lanjutnya.

Sementara itu, pasukan Mahesa Jenar tidak bisa menjalani latihan karena terkendala hujan, kemarin. Stadion Jatidiri yang biasa digunakan untuk menempa persiapan dinilai kurang efektif karena beberap titik tergenang air.

Selain itu, pelatih Edy Paryono yang sebenarnya sudah datang di Jatidiri untuk melatih mengatakan kondisi hujan bisa mempengaruhi kesehatan pemain.

“Sebenarnya tidak masalah ketika hujan tetap menjalani latihan. Tapi kami juga perlu memperhatikan kesehatan para pemain. Setidaknya, kami mengganti menu kali ini pada latihan berikutnya,” kata EP. (rif)

Kurniawan ke PPSM


PPSM tak perlu berlama-lama menilai penampilan mantan pemain Sampdoria dan Timnas Kurniawan Dwi Yulianto. Manajemen Laskar Macan Tidar resmi mendapatkan mantan bomber timnas itu.

Selain sarat pengalaman, aspek kedekatan karena Kurniawan asli Magelang diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan sepak bola di "Kota Getuk" itu. Kurniawan bakal menjalani latihan perdana di Magelang besok sore.

Pelatih PPSM Danurwendo mengatakan, PPSM juga masih membutuhkan tambahan pemain profesional yang telah memiliki pengalaman. Selain itu, Magelang juga terus membidik pemain asing agar bisa bersaing dengan klub-klub macam PSIS, PSS, maupun PSIR.

Saat ini PPSM sedang proses perekrutan pemain yang diikuti 34 calon pemain, terdiri atas 31 orang berasal dari PS Kartika, dua PPSM, dan satu Jakarta FC. (wig/rif)

Geliat Tetangga Persitema Tak Mundur


Sempat terjadi tarik ulur, akhirnya Persitema memutuskan tetap melangkah ke divisi utama 2011/2012. Persitema mendapat tiket ke divisi utama melalui kongres PSSI di Bali, Januari lalu.

Namun, kendala besar yang menghambat ialah finansal. Untuk musim lalu saja, Persitema defisit Rp 1,68 miliar. Sedangkan dari APBD, Persitema mendapat sokongan Rp 1,6 miliar. Untuk musim 2011/2012 Persitema mematok angka sebesar Rp 4 sampai 5 miliar.

Setelah mengadakan rapat internal pengurus Minggu pagi, Persitema memastikan tetap mengikuti kompetisi divisi utama. Tim berjuluk Laskar Bambu Runcing itu mendapat dukungan dari stakeholder untuk memempertahankan tiket ke divisi utama sesuai hasil kongres.

“Kami sempat kebingungan setelah tidak boleh memakai APBD lagi. Cukup sulit bagi tim kota kecil untuk menjadi klub professional. Tapi 99 persen stakeholder mendukung Persitema tetap eksis,” ujar Sekretaris Persitema Agus Supriyanto.

Sayangnya, Temanggung masih harus mempertanyakan statusnya yang belum dicantumkan ke dalam peserta divisi utama oleh PSSI. Menurut rencana, hari ini Persitema akan menghubungi komite kompetisi atau stafnya untuk meminta penjelasan.

PSIR Pecat Pelatih

Mendatangkan pelatih asing belum tentu ada jaminan mutu. Jorge Enrique Amaya, arsitek PSIR langsung dieksekusi manajemen lantaran gagal mencatatkan prestasi di kompetisi MNC-Bupati Cup 2011. tak hanya Jorge yang ditendang pelatih fisik Izesa Cugnier yang notabene berpaspor Brasil juga didepak.

“Turnamen ini memang menajdi kesempatan terakhir mereka. Kami sudah memberi peringatan sebelumnya,” kata Media Officer PSIR HM Daenuri.

Pada kompetisi MNC-Bupati Cup 2011 yang berlangsung 26-29 November di Stadion Krida Rembang, sebagai tuan rumah PSIR kurang menawan. Laskar Dampo Awang ditaklukkan Persipasi Bekasi dan karena kompetisi tersebut menggunakan sistem gugur, dan langsung tersingkir.

Sebagai gantinya, PSIR menetapkan Bambang 'Max' Handoyo dan Haryanto, masing-masing sebagai pelatih dan asisten pelatih PSIR untuk sementara. Jika kedua pelatih tersebut mampu memberikan kemajuan signifikan, maka PSIR akan mempertahankannya. (wig/rif)

Baru 3 Kandidat Ketum KONI

Hingga menjelang Musyawarah Olahraga Nasional KONI 2011 yang bakal berlangsung mulai Kamis (1/12) hingga Minggu (3/12) di Mataram, Nusa Tenggara Barat, baru ada tiga nama yang masuk ke Panitia Penjaringan Ketua Umum KONI periode 2011-2015.

Mereka adalah Mayjen TNI (Pur) Hendardji Soepandji yang kini Wakil Ketua Umum l KONI Pusat yang juga Ketua Umum PB FORKI; Mayjen TNI (Pur) Tono Suratman, Ketua Umum PB IKASI yang juga Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima); serta Djati Walujo yang kini menjabat sebagai Sekjen KONI Pusat.

Menurut John Loebis, Ketua Harian KONI Provinsi Sumatera Utara, dalam pemilihan Ketua Umum KONI Pusat yang baru nanti, sebaiknya ke-51 perwakilan PB, perwakilan dari 33 pengprov, serta 1 suara dari KONI Pusat, hendaknya mencari figur yang mau melayani.

"Yang pasti, kita harus bisa melihat figur yang harus mampu membawa cabang yang dibinanya dapat berprestasi di pentas internasional. Sedikitnya, ya, di SEA Games yang baru selesai kemarin," demikian Ketua Harian KONI Sumut. (rif)

Pesta Olahraga Penyandang Cacat Pereburkan 445 Medali Emas


Pesta olahraga multievent atlet difabel antarnegara Asia Tenggara atau ASEAN Paragames VI di Kota Surakarta (Solo), 12-22 Desember 2011, akan memperebutkan 445 medali emas.

Ketua Umum Pengurus Pusat National Paralympic Committee (NPC), Senny Marbun ketika dihubungi dari Semarang, Senin, mengatakan jumlah medali emas tersebut sesuai nomor yang dipertandingkan.

Tetapi, kata dia, untuk medali perunggu kemungkinan jumlahnya lebih dari itu karena ada beberapa cabang olahraga yang menerapkan juara tiga bersama sehingga ada satu nomor dengan jumlah medali perunggu dua keping.

Ia menyebutkan, cabang olahraga atletik memperebutkan jumlah medali paling banyak, yaitu 173 medali emas disusul cabang renang 134 medali emas, kemudian tenis meja 45 medali emas, bulu tangkis 21 medali emas.

Cabang olahraga catur memperebutkan 16 medali emas, pin bowling memperebutkan 15 medali emas, panahan sepuluh medali emas, tenis kursi roda memperebutkan delapan medali emas, voli duduk hanya dua emas, sedangkan goal ball hanya satu medali emas.

"Cabang olahraga goal ball hanya mempertandingkan satu nomor karena hanya memainkan kelompok putra, sedangkan untuk putri tidak ada pesertanya," katanya.

ASEAN Paragames VI di Solo mendatang mempertandingkan 11 cabang olahraga dan dari jumlah tersebut hanya satu cabang yaitu goal ball yang dimainkan di Kabupaten Karanganyar (20 kilometer dari Kota Surakarta).

Rencananya ASEAN Paragames mendatang akan diliput 400 media massa dari dalam dan luar negeri dengan melibatkan 800 "liasion officer (LO) dan 200 "voluteer " (VO) yang bertugas mendampingi kontingen dan ofisial.

Selain itu juga melibatkan 25 tim kesehatan. Satu tim terdiri dari seorang dokter, dua orang perawat, satu pengemudi, dan mobil ambulan.

Ke-25 tim kesehatan tersebut berasal dari Dinas Kesehatan Karanganyar dua tim, Dinkes Kabupaten Sukoharjo (satu tim), Kota Surakarta (18 tim), RS dr Moewardi (2 tim), dan RS Ortopedi Prof Dr Soeharso (2 tim). (rif)


Kejurnas Bulutangkis Maria Kristin Jadi Ujung Tombak


Peraih medali perunggu Olimpiade 2008, Maria Kristin Yulianti, akan menjadi ujung tombak PB Djarum Kudus saat tampil pada kejuaraan nasional (Kejurnas) bulu tangkis di Pekanbaru, Riau, 29 November hingga 3 Desember 2011.

Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Senin (28/11/11), mengatakan, Maria Kristin menjadi andalan di kelompok tunggal putri dewasa setelah Fransiska Ratnasari dan Ana Rovita absen pada kejurnas tersebut. Kemudian, lanjut dia, Febby Angguni juga absen karena tampil pada Liga Bulu Tangkis Republik Ceko.

"Nana (panggilan akrab Fransiska Ratnasari) mengalami cedera punggung, sedangkan Ana Rovita cedera lengan kanan," katanya.

Mantan tunggal putri pelatnas tersebut bakal tampil bersama Rosaria Yusfin Pungkasari. "Kalau Maria Kristin, cedera lututnya tidak kambuh tentunya peluang meraih prestasi maksimal terbuka lebar," katanya.

Apalagi pemain pelatnas utama seperti Lindaweni Fenetri, Adriyanti Firdasari, Aprilia Yuswandari, Maria Febe Kusumastuti, Beleatrix Manuputty, dan Hera Desi tampil pada kejuaraan bulu tangkis Kumpoo Macau Open yang pelaksanaannya bersamaan (29 November hingga 3 Desember 2011).

Kemudian di nomor tunggal dewasa putra, PB Djarum mengandalkan Andre Kurniawan Tedjono, Andreas Adityawarman, Bandar Sigit Pamungkas, dan Garry. Mereka akan bersaing dengan Fauzi Adnan dan para pemain lainnya, sedangkan pemain utama seperti Taufik Hidayat, Simon Santoso, Tommy Sugiarto, Dionysius Hayom Rumbaka, Alamsyah Yunus, dan Sony Dwi Kuncoro juga turun di Macau Open. Hal yang sama juga terjadi pada nomor ganda putri, putra, dan campuran.

"Saya kira peluang kita terbuka lebar, terutama untuk kelompok taruna yang turun dengan kekuatan penuh," katanya.

Pada nomor ganda campuran, PB Djarum menurunkan pasangan juara Asia junior, Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia, kemudian juara dunia 2011, Gloria Emanuella Widjaya (berpasangan dengan Alfian Eko Prasetya). Pada kejurnas ini, Gloria bakal berpasangan dengan Edi Subaktiar.

"Kami berharap bisa membawa pulang gelar juara dari nomor ganda putra, putri, dan campuran kelompok taruna," katanya seraya menambahkan, pada kejurnas tersebut, pebulu tangkis PB Djarum tersebut turun atas nama Jawa Tengah.

Unggulan pertama tunggal putri dewasa adalah Ganis Nur Ramadhani (DKI  Jakarta), kedua Risky Amelia (DKIB Jakarta), sedangkan Rosaria Yusfin Pungkasari menjadi unggulan ketiga. Pada tunggal dewasa putra unggulan pertama Alamsyah Yunus (Banten), kedua Senatria Agus (Jabar), dan ketiga Fauzi Adnan (Jatim). (rif)
 

Villas-Boas Dibela Pemainnya


Juan Mata menegaskan skuad Chelsea masih menaruh kepercayaan penuh pada Andre Villas-Boas, menyusul munculnya rumor yang menyebut hubungan si manajer dengan para pemainnya mulai tak harmonis.

Kekalahan beruntun dari QPR, Liverpool, Arsenal, dan Bayer Leverkusen membuat posisi Villas-Boas berada dalam tekanan. Spekulasi yang muncul menyebut kalau sejumlah pemain The Blues tidak senang dengan taktik manajer asal Portugal ini.

Akan tetapi toh hasil positif bisa diraih. Melawan Wolverhampton akhir pekan lalu, "Si Biru" sukses menang dengan mudah lewat gol-gol John Terry, Daniel Sturridge dan Mata.

Mata mensyukuri timnya mampu keluar dari periode sulit dan kembali ke jalur kemenangan sekaligus menepis rumor negatif soal hubungan rekan-rekan se-timnya dengan Villas-Boas.

"Tidak pernah mudah menerima hasil negatif, tapi kami semua punya kepercayaan sebagai sebuah tim. Kami punya banyak keyakinan kepada pelatih kami dan kualitas Chelsea," tutur eks pemain Valencia itu di Sky Sports.

"Kami mengadakan pertemuan pekan lalu untuk menegaskan kalau kami bersatu dan kami berada di arah yang sama dan kami menunjukkan itu saat melawan Wolves," sambung pesepakbola Spanyol ini.

"Tim selalu bersatu dan kami selalu yakin bisa memperoleh banyak sukses ke depannya, kami bisa keluar dari momen ini karena bersatu dan tetap kompak," demikian Mata. (rif)


LA Galaxy Janjikan Hiburan


Skuad LA Galaxy telah tiba di Jakarta untuk menggelar pertandingan eksibisi melawan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Rabu (30/11) besok.

Berdasarkan situs resmi LA Galaxy, mereka telah mengumumkan daftar nama 27 pemain yang ikut dalam rangkaian tur Asia Pasifik 2011. Bintang sepakbola David Beckham masuk dalam daftar itu.

Ke-27 pemain itu terdiri atas tiga kiper, delapan pemain belakang, 12 pemain tengah dan empat penyerang dengan pelatih Bruce Arena. Sementara, tiga pemain tidak dibawa karena cedera yakni Sean Alvarado, Chad Barrett dan Leonardo.

LA Galaxy akan bertemu timnas Indonesia yang merupakan gabungan timnas senior dan timnas U23. Selanjutnya, klub Amerika Serikat ini akan melanjutkan tur ke Filipina pada Sabtu (3/12). Mereka terakhir akan menghadapi klub Melbourne Victory pada Selasa (6/12).

Pelatih Bruce Arena menjanjikan permainan yang menghibur, tanpa perlu mementingkan kemenangan. “Saya lihat di internet, pemain-pemain Indonesia punya karakteristik permainan yang khas. Kami penasaran ini menjajalnya,” tutur Bruce dalam jumpa pers, kemarin. (rif)


ISL 1 Desember


Duel antara tuan rumah Persipura melawan Persiba di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (1/12), menjadi pembuka kompetisi ISL 2011/2012.

Kompetisi yang digulirkan oleh PT Liga Indonesia ini sesuai dengan rencana akan disiarkan langsung oleh televisi swasta nasional ANTV, meski kompetisi ini tidak diakui oleh PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia.

"Selain pertandingan pembuka, kami juga menyiarkan secara langsung pertandingan dari seluruh pelosok Indonesia mulai Papua hingga Aceh. Mudah-mudahan masyarakat penggemar sepak bola Indonesia terpuaskan," kata Presiden Direktur ANTV, Dudi Hendrakusuma di Jakarta, kemarin.

ANTV menayangkan sepak bola nasional telah dilakukan sejak 1994. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap perkembangan sepak bola Tanah Air.

PSSI di bawah kepemimpinan Djohar Arifin Husin saat ini membuat kompetisi baru yaitu Indonesia Premier League (IPL) dan dikelola oleh PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) dan tidak mengakui PT Liga Indonesia yang mengelola ISL.

ISL 2011/2012 diikuti 18 klub sesuai dengan Kongres PSSI di Bali. Mayoritas peserta ISL merupakan klub-klub yang telah punya nama besar serta pendukung besar. Selain Persipura juga ada Persija, Arema Indonesia dan Persib.

Dengan 18 klub yang turun di ISL 2011/2012 maka jumlah pertandingan yang akan digelar sebanyak 306 kali. Hanya saja jumlah pertandingan yang akan disiarkan langsung oleh ANTV hanya 200 pertandingan.

"Pokoknya tiada hari tanpa sepakbola. Yang jelas kami telah mempersiapkan dengan baik termasuk empat tim produksi yang berjumlah sekitar 150 orang," kata Direktur News, Sport & Corporate Communications ANTV Azkarmin Zaini.

No Problem Soal Perizinan
Sementara itu CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono mengatakan, pelaksanaan ISL 2011/2012 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Hingga saat ini semua proses masih berjalan termasuk dalam hal perizinan pertandingan.

"Hingga saat ini tidak ada kata-kata ISL itu dilarang. Yang jelas perizinan merupakan syarat administrasi," katanya di sela press conference ISL 2011/2012.

Menurut dia, untuk masalah perizinan berpeluang tidak ada kendala karena kompetisi ISL 2011/2012 diikuti oleh klub-klub yang merupakan anggota PSSI dan PT Liga Indonesia pada awalnya juga dibentuk oleh PSSI.

Sebelumnya, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) hanya mengakui IPL yang dikelola PT LPIS sebagai satu-satunya kompetisi profesional di Indonesia. Dengan demikian ISL 2011/2012 terancam tidak mendapatkan izin pelaksanaannya.

"Organisasi kita dengan Polri dan Polda di daerah-daerah sangat konstruktif. Ini sebagai organisasi yang baru di negeri ini. Jangan sampai isu perizinan menjadi momok. Lihat semifinal dan final Inter Island Cup kemarin, semua berjalan lancar. Ini mengindikasikan bahwa inisiatif kita untuk memajukan sepakbola Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin telah menyatakan bahwa kompetisi yang diakui PSSI adalah Indonesian Premier League (IPL) yang dikelola PT. Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS). ***

Greg Gantikan Tibo


Dua penyerang asal Papua, Titus Bonai dan Boaz Salossa, dipastikan absen saat tim Indonesia Selection melawan LA Galaxy yang diperkuat David Beckham di Stadion Utama Gelora Bung Karno, besok. Tibo – sapaan Titus Bonai – dan  Boaz absen karena harus membela klubnya, Persipura, di laga Liga Super Indonesia.

"Karena bersamaan dengan kompetisi yang berjalan, ada dua pemain yang tidak bisa hadir, yaitu Tibo dan Boaz," kata pelatih tim Indonesia Selection Rahmad Darmawan dalam jumpa pers di Hotel Ritz-Carlton, kawasan Kuningan, Jakarta, kemarin.

David Beckham, Landon Danovan, Robbie Keane, dan para pemain LA Galaxy dijadwalkan akan bertanding melawan tim Indonesia Selection dalam laga persahabatan. Tim Indonesia Selection terdiri dari para pemain skuad Garuda muda dan para pemain timnas senior.

Rahmad mengatakan absennya dua bintang Papua itu tak akan mengurangi kekuatan tim karena posisi Tibo dan Boaz bisa digantikan pemain naturalisasi asal Nigeria, Greg Nwokolo. "Kualitas sepadan dan lebih lincah," kata Rahmad.

Selain Greg, pemain lain yang dipanggil untuk memperkuat timnas adalah Gunawan Dwi Cahyo, Muhamad Ilham, dan Zulkifli Syukur. (rif)


David Beckham PSG, atau LA Galaxy?


Kontrak Beckham dengan LA Galaxy akan berakhir pada 31 Desember 2011, dan ia sepertinya telah menentukan klub yang akan ia bela dalam beberapa tahun mendatang.

Informasi yang diperoleh BBC menyebutkan meski beberapa klub tertarik membeli Beckham, mantan kapten Inggris itu besar kemungkinan hanya akan memilih salah satu dari dua klub saja, LA Galaxy atau klub Perancis PSG. Ia baru akan menjatuhkan pilihan usai mengikuti tur LA Galaxy di Asia Pasifik.

LA Galaxy akan menghadapi timnas Indonesia, besok, dilanjutkan pertandingan melawan Filipina di Manila pada 3 Desember. Beckham dan kawan-kawan juga akan berlaga melawan Melbourne Victory pada 6 Desember.

Sejumlah laporan yang menyebutkan bahwa Beckham telah menyetujui kontrak dengan PSG diyakini tidak benar. Sebenarnya pemain berusia 36 ini tertarik  tawaran satu klub Brasil dan Italia namun Beckham lebih memilih berkarier di Perancis atau bertahan di Amerika Serikat, tempat keluarganya menetap dalam beberapa tahun terakhir.

Dipilih al-Khelaifi
Semua keputusan dibahas bersama dengan pihak keluarga dan mitra bisnisnya, Simon Fuller. Jika ia pindah ke Paris diyakini istri dan keempat anaknya akan pindah juga ke kota tersebut.

Kontrak lima tahun Beckham dengan LA Galaxy berakhir pada 31 Desember dan ia masih membuka kemungkinan memperpanjang kontrak selama satu tahun. Namun ia disebut-sebut ingin tantangan besar di akhir karier dan PSG dianggap bisa memenuhi keinginannya.

Perundingan dengan klub yang sekarang dimiliki otorita investasi Qatar tersebut sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Harian Inggris The Daily Mail memberitakan PSG bersedia menawari kontrak 18 bulan senilai Pound 11,6 juta.

Presiden PSG Nasser al-Khelaifi dilaporkan secara pribadi menginginkan Beckham sebagai bagian dari upaya untuk membuat PSG menjadi salah satu klub terbesar di dunia.

Dipastikan kontrak baru Beckham, dengan alub mana pun, akan lebih besar dari kontrak senilai pound 4,2 juta per tahun yang ia teken dengan LA Galaxy. (rif)


Tibo Tolak Iklan Rokok

Written By p3joeang45 on Senin, 28 November 2011 | 11.04


Titus Bonai sangat antirokok. Bukan cuma tidak merokok, ia juga tak mau membintangi iklan rokok meski dibayar Rp 10 miliar. "Akan saya tolak," kata Tibo, panggilan akrabnya saat ditanyai apakah tetap menolak jika honor sebagai bintang iklan rokok mencapai Rp 10 miliar.

Tibo, bintang sepakbola kelahiran Papua 4 Maret 1989 ini mengaku berasal dari keluarga yang bebas rokok. Orangtuanya sejak dulu memang tidak merokok, sehingga ia merasa malu kalau dirinya sampai kecanduan rokok.

Sama seperti Tibo, bintang sepakbola Indonesia lainnya, Octovianus Maniani, juga antirokok. Meski orangtuanya perokok, ia merasa tidak perlu ikut-ikutan karena tahu bahwa asapnya tidak baik untuk fisiknya sebagai atlet profesional.

"Bagi seorang atlet, air lebih penting untuk tubuh kita. Kalau rokok malah merusak. Jadi sama seperti Tibo, saya juga tidak merokok. Kalau iklan rokok, berapapun (honornya) akan saya tolak," kata Octo. (rif)

Pelatih Timnas Wales Bunuh Diri


Kabar duka di lapangan sepakbola kembali hadir. Kali ini dari timnas Wales. Pelatih mereka yang juga mantan pemain terkenal, Gary Speed, ditemukan tewas bunuh diri di rumahnya sendiri.

Speed ditemukan tergantung di rumahnya di wilayah Chester, kemarin pagi pukul 07.00 waktu setempat. Polisi menyatakan tidak ada hal-hal yang mencurigakan di sekitar kematian pria berusia 42 ini.

Berita kematian Speed juga dikonfirmasi oleh Asosiasi Sepakbola Wales (FAW). Mereka ikut berduka atas kematian sang pelatih.

Sejauh ini, belum diketahui motif Speed mengakhiri hidupnya dengan cara tragis. Ia baru bekerja sebagai pelatih Wales pada akhir tahun lalu, menggantikan John Toshack. Pria asli Wales ini tak berhasil meloloskan negaranya ke putaran final Piala Eropa 2012 karena cuma menempati peringkat keempat Grup G.

Semasa jadi pemain, pria bernama lengkap Gary Andrew Speed ini adalah salah satu gelandang yang disegani di Liga Inggris. Ia pernah memperkuat Leeds United, Everton, Newcastle United, dan Bolton Wanderers sebelum akhirnya pensiun di Sheffield United pada tahun lalu. (rif)


SneX Ungaran Ultah



SneX Korwil Ungaran merayakan ulang tahun ke-6, Minggu (27/11) sore. Acara syukuran digelar di Café Radja Asmara, Jl A Yani Ungaran. Di usia yang ke enam ini, SneX Ungaran berharap tetap konsisten dengan militansi dan dukungan terhadap PSIS.

SneX ungaran merupakan salah satu korwil Kabupaten Semarang di samping  SneX Banyumanik, SneX Hellboy Babadan, SneX Militan Ikan Bakar (Blater) dan SneX Salatiga. (wig/rif)

Juve Juara? Tunggu Dulu!


Juventus menjadi favorit meraih Scudetto musim ini belum terkalahkan hingga pertandingan ke-11 Serie A. Namun, sudah pantaskah “I Bianconeri” kembali menjadi yang terbaik di Italia?

Sebuah gol Simone Pepe pada menit ke-34 memastikan kemenangan Juventus atas Lazio pada lanjutan Serie A di Stadion Olimpico, Minggu dinihari WIB kemarin. Kemenangan tersebut membuat Juventus kembali memuncaki klasemen Serie A.

Hingga kini Juventus menjadi satu-satunya klub yang belum terkalahkan di Serie A dan mereka menjadi favorit merebut Scudetto. Namun, sudah pantaskah tim besutan Antonio Conte tersebut difavoritkan merebut Scudetto?

Dibanding dengan permainan sejak kembali dari skandal Calciopoli pada 2006, permainan Juventus musim ini jauh lebih baik. Kedatangan Andrea Pirlo dari AC Milan terbukti meningkatkan penguasaan bola La Vecchia Signora.

Kokohnya lini pertahanan yang digalang kiper Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli dan Leonardo Bonucci juga menjadi kunci sukses Juventus. Terlebih kedatangan Stephan Lichtsteiner dari Lazio membuat posisi fullback I Bianconeri lebih hidup.

Kedatangan pelatih Antonio Conte juga menjadi bagian penting dari sukses Juventus hingga saat ini. Mantan kapten Juventus itu memberi suntikan motivasi yang sudah lama hilang dari tim asal Turin tersebut. Alessandro Matri dan kawan-kawan selalu berlari selama 90 menit guna berusaha mencetak gol.

Conte berani mencadangkan sejumlah pemain andalan musim lalu seperti Milos Krasic dan bahkan membiarkan ikon tim Alessandro Del Piero menjamur di bangku cadangan.

Namun, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan Conte. Terutama mempertahankan konsistensi Si Nyonya Tua. Meski mampu meraih kemenangan beruntun dalam empat pertandingan terakhir, konsisten Juventus sempat kembali diragukan di awal musim ini.

Peraih Scudetto sebanyak 27 kali tersebut sempat mengalami kesulitan menghadapi tim-tim papan tengah seperti Catania, Chievo Verona dan Genoa. Sebuah masalah yang selalu dihadapi Juventus dalam beberapa musim terakhir.

Jika mampu mengatasi masalah konsistensi permainan, Juventus bisa dianggap sebagai favorit Scudetto. Tentunya ada sejumlah faktor yang harus menyertainya, seperti keberuntungan dan kondisi pemain yang terbebas dari cedera.

Tidak bermain di pentas Eropa memang menjadi modal penting bagi Juventus, tapi jika tidak diimbangi konsistensi permainan, maka Juventus akan sulit kembali merajai Serie A. (rif)

Kompetisi Antarklub Pengcab PSSI Kota Semarang Untag Libas TCS 1-0

 
Persatuan Sepakbola (PS) Untag terus menunjukkan taringnya setelah melibas TCS 1-0 pada kompetisi antarklub Pengcab PSSI Kota Semarang yang berlangsung di Stadion Citarum, kemarin sore. Gol semata wayang tersebut disarangkan Frans Wakum menit 87.

Kemenangan tersebut sangat berharga untuk menentukan Untag pada posisi atas klasemen sementara. Sekaligus menjadi momok bagi Indomaret, Garuda, POP dan Biprada yang beberapa pekan menghuni di posisi terhormat.

“Ya, kemenangan ini memang sangat menentukan sekali bagi kami untuk bersaing di papan atas klasemen sementara. Kami berharap, anak-anak bisa menjaga trend positif ini,” ujar pelatih Untag Taufiq usai pertandingan.

Ditambahkan, meskipun sukses mengantongi poin sempurna pada laga melawan TCS, Taufiq mengaku masih ada beberapa kelemahan yang perlu dievaluasi kembali.

“Mental anak-anak perlu diasah lagi. Kami melihat mereka kehilangan konsentrasi dan akhirnya membuat kelemahan di beberapa sektor, terutama kerjasama antarlini,” lanjutnya.

Gol Sakit
Sebenarnya, di babak pertama, kedua tim mempertontonkan permainan yang menarik. Meraka saling terlibat jual-beli serangan. Begitu juga sektor pertahanan kedua kubu, terlihat sama kuat. Sehingga kedua gawang masih perawan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, permainan tampak semakin tidak berimbang. Untag tampil mencengankan dengan memberikan tekanan-tekanan di daerah pertahanan lawan. namun, beberapa peluang yang tercipta, belum juga menghasilkan gol. 

Hingga striker Untag Frans Wakum mampu menggetarkan jala lawan. Gol tersebut benar-benar membuat sakit hati para pemain TCS. Pasalnya, gol semata wayang tersebut dilesakkan di menit-menit akhir pertandingan, tepatnya menit 87. Skor 1-0 untuk Untag bertahan hingga laga usai.

“Sepertinya anak-anak menangkap motifasi saya saat turun minum, terbikti mereka mampu bermain bagus dan mencetak gol,” papar Taufiq.

Sementara itu, pelatih TCS Beny Hartono mengatakan, persiapan anak-anak asuhannya belum matang, terutama mengenai fisik. “Fisik anak-anak masih sangat lemah. Terlihat saat memasuki babak kedua mereka sudah drop. Dan ini menjadi PR utama yang harus diperbaiki,” ucapnya. (wse/rif)

MotoGP 2011 Tak Menghibur


Setelah tirai musim 2011 ditutup, MotoGP diminta berbenah agar dapat menciptakan balapan yang lebih menarik pada musim 2012 depan.

Harapan itu diutarakan oleh CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, menjelang dimulainya era baru MotoGP dengan penggunaan kapasitas 1.000cc pada musim depan.

Menurut Ezpeleta, segi hiburan yang disuguhkan MotoGP saat ini masih sangat perlu ditingkatkan lagi. Olahraga itu pun mesti segera bereaksi dengan momentum akan dimulainya era baru.

"Aku tidak suka dengan situasi yang ada. Aku tidak suka MotoGP saat ini. Kami memiliki beberapa seri di mana para rider Honda sangat cepat, beberapa lebih pelan, dan sisanya lebih buruk," tegasnya kepada majalah Motosprint yang dikutip MCN.

"Walhasil persaingan berkurang, jadi aspek hiburannya tidak memuaskan. Ini bukan cuma tantangan dari sisi teknologi, ini juga sebuah olahraga dan hiburan. Aku tidak suka dengan situasi ini, jadi hal ini tidak boleh berjalan lebih lama lagi," lugas Ezpeleta. (rif)


Manchester United Blok Tengah Parah


Krisis blok tengah tak membuat Sir Alex Ferguson panik. Fergie memastikan ia tak kalap membeli pemain pada bursa transfer Januari 2012.

SETAN Merah menjelang parah. Blok tengah dinilai kian ambrol dan terengah-engah. Anderson adalah pemain teranyar MU yang dibekap cedera. Gelandang internasional Brasil itu mengalami cedera lutut saat United ditantang Otelul Galati di Liga Champions dan dipastikan absen hingga Februari 2012.

Sebelumnya, The Red Devils sudah kehilangan Tom Cleverley, Darren Fletcher, dan Ashley Young karena kasus yang sama. Ditambah pensiunnya Paul Scholes, maka Ferguson mengalami krisis pemain di pos poros.

Namun, meski MU sedang mengalami krisis gelandang, Ferguson tenang-tenang saja. "Sangat mudah jika Anda mengatakan akan membeli pemain, tapi tidak mudah untuk membeli pemain bagi MU, terutama di Januari. Saya tidak melihat ada pemain yang bisa membuat tim ini lebih baik lagi," ujar Ferguson seperti dilansir Sporting Life.

"Saya bisa saja memilih dua atau tiga pemain yang bisa saya bawa ke klub ini, tapi mereka tidak bisa ditransfer. Tidak ada gunanya kami membeli pemain," sambungnya.

Menyusul pensiunnya Scholes, MU dihubungkan dengan gelandang-gelandang papan atas seperti Luka Modric, Samir Nasri, dan Wesley Sneijder. Tapi, ketiganya gagal berlabuh di Old Trafford.

Rio Ferdinand Lamban
Di sisi lain, Fergie juga mengaku tak punya rencana menjual bek Rio Ferdinand. Namun ia juga mengakui bahwa Ferdinand bukan lagi yang terbaik saat ini.

"Saya tak punya pikiran membiarkan Rio Ferdinand pergi. Dia tetap akan mendapatkan bagian bermain. Dia punya pengalaman dan dia seorang figur penting dalam kamar ganti kami. Para pemain selalu melihat ke arahnya, sehingga ini akan terus berlanjut. Dia (Ferdinand) bisa bermain untuk beberapa tahun lagi," tutur Ferguson.

Peran Ferdinand di MU memang tak lagi sentral sebagai pendamping Nemanja Vidic. Sebab, Sir Alex Ferguson kini mempunyai segudang bek muda yang bisa menggantikan peran Ferdinand. Sebut saja Jonny Evans, Chris Smalling, dan Phil Jones.

"Kami telah membangun tim saat Gary Neville dan Rio Ferdinand pergi. Kami harus melihat ke depan dan tidak ada yang salah dengan itu. Tapi itu tidak berarti Ferdinand akan berakhir karir sepakbolanya," tegas Ferguson.

Ferdinand, masih kata Fergie, telah menjadi seorang pemain bagus bagi MU. “Tapi kenyataannya dia tidak secepat seperti lima tahun lalu dan itu pasti terjadi. Orang akan kehilangan tempatnya," pungkas manajer asal Skotlandia ini. ***

Kualifikasi Balap Motor PON Pebalap Jateng Belum Meyakinkan


Manajer Tim Balap Motor Jawa Tengah Bambang Sudiro mengaku tidak puas atas hasil yang diraih pebalap motornya dalam Prakualifikasi PON 2012 di Sentul, Bogor, Sabtu (26/11) meski mereka bisa lolos untuk berlaga di PON tersebut.

"Setelah kembali ke Semarang segera dilakukan evaluasi total karena pada PON 2012 hanya empat medali emas yang diperebutkan, sementara pada babak kualifikasi ini Jateng tidak masuk hitungan meraih medali," katanya di Semarang, Minggu.

Karena prestasinya tidak maksimal, katanya, pihaknya berusaha memperbaiki hasil yang diraih pada kualifikasi dengan menambah porsi latihan. Menurut dia, kelak di PON Riau persaingan bertambah berat karena para racer luar Jawa saat ini mencatat prestasi bagus dalam berbagai ajang balap di tingkat nasional.

"Kalau para pebalap Jateng ingin meraih medali dalam PON, kita harus berbenah," katanya.

Pertarungan perebutan medali dari balap motor itu diperkirakan seru karena Jawa Timur, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta juga akan menurunkan nama-nama terbaiknya.

Penunggang motor Jawa Tengah berhasil lolos ke PON XVIII 2012 di Riau karena mampu memenuhi posisi yang diisyaratkan.

"Meski lolos di empat nomor yang diperlombakan, pebalap Jateng harus lebih memacu lagi latihan dan persiapannya agar di PON 2012 mampu meraih medali," kata Ketua Harian Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia ( IMI) Jawa Tengah Kadarusman.

Ia menjelaskan, hal itu perlu dilakukan mengingat persaingan di PON mendatang pasti semakin ketat, sementara hasil yang diperoleh para pebalap Jawa Tengah pada prakualifikasi belum optimal.

Pada kelas 115 cc, Jateng menempatkan pebalap Teguh Nugroho, sedangkan di kelas 125 cc pebalap senior Hokky Krisdiyanto. Pada babak kualifikasi, Teguh di urutan kelima dari 17 pebalap yang berlaga, sedangkan Hokky malah posisi ketujuh.

Hendri dan DIY
Sementara itu DIY menurunkan tiga pebalap dalam Pra PON pekan lalu, salah satunya, Hendriansyah, cukup seniornya. Selain Hendriansyah, DIY juga memainkan Florianus Roy, dan Sigit PD. Mereka didampingi pelatih Irwan Ardiansyah.
Hendriansyah mengatakan, babak kualifikasi balap motor Pra PON diikuti wakil-wakil dari seluruh provinsi di Indonesia. Hendriansyah berharap, para pebalap DIY bisa tampil semaksimal mungkin agar dapat lolos babak kualifikasi dengan peringkat yang memuaskan.

Menurut Hendriansyah, pertandingan balap motor PON di Riau nanti merupakan yang ketiga kali, setelah dua kali sebelumnya di PON XVI-2004 Sumsel dengan DIY tampil sebagai juara umum. Sedang di PON XVII-2008 Kaltim, DIY gagal meraih medali.

Dalam PON mendatang, Florianus Roy dan Sigit PD tercatat sebagai pendatang baru. Mereka tidak ikut dalam dua pergelaran PON sebelumnya. Sedang Hendriansyah dan Irwan Ardiansyah sudah dua kali ambil bagian, tapi kali ini Irwan yang kakak kandung Hendri tidak lagi tampil sebagai atlet, melainkan sebagai pelatih. (rif)

Barcelona “Perjalanan Masih Panjang”


Kekalahan dari Getafe membuat Barcelona makin tertinggal dari Real Madrid di klasemen sementara. Namun, karena musim masih panjang, kubu Azulgrana masih yakin bisa mengejar rival abadinya tersebut.

Barca baru saja merasakan kekalahan perdana di semua kompetisi pada musim ini. Bertandang ke markas Getafe, Minggu dinihari WIB kemarin, skuad asuhan Pep Guardiola takluk 0-1.

Kekalahan ini memang tak mengusik posisi Barca di peringkat kedua klasemen sementara Liga Spanyol. Tapi, kini mereka terpaut enam poin dari Madrid yang berkuasa di puncak.

"Kami tak akan membuat alasan. Kami sudah memberikan segalanya dan kami mencoba untuk menang, tapi itu tidak memungkinkan," aku David Villa di situs resmi klub. "Kami tertinggal jauh (dari Madrid), tapi masih banyak waktu. Ini belum selesai," katanya.

Optimisme serupa diungkapkan oleh rekan Villa, Gerard Pique. Pique juga yakin timnya masih mampu bertarung dalam perebutan titel.

"Saya yakin bahwa tim akan memebrikan segalanya untuk bertarung demi titel pada akhir musim," ucap Pique. "Masih ada banyak pertandingan yang belum dimainkan, masih banyak poin yang bisa didapat. Madrid memang sedikit lebih baik dan kami harus segera membalikkan situasi ini," tambahnya.

"Kami adalah Barca dan kami akan bergerak maju," timpal Carlos Puyol. (rif)

Polda Metro Evaluasi Pengamanan SEA Games

Written By ericadventure on Jumat, 25 November 2011 | 14.05


APARAT Polda Metro Jaya menggelar evaluasi bersama INASOC selaku penyelenggara SEA Games XXVI. Evaluasi ini merupakan buntut insiden tewasnya dua suporter Indonesia yang akan menonton partai final Indonesia kontra Malaysia, Senin (21/11).

Selain melibatkan INASOC, rapat tersebut juga akan dihadiri pengelola Stadion Gelora Bung Karno (GBK) juga unsur dari Pemda DKI Jakarta. Rapat dilangsungkan pada pukul 15.00 di gedung Biro Operasi Polda Metro Jaya.

"Semua unsur yang terlibat waktu itu, kita evaluasi apa yang perlu ditingkatkan," kata Baharudin.

Selain mengevaluasi kericuhan suporter, para stakeholder juga akan mengevaluasi terkait jatuhnya dua korban tewas. Para pihak akan menyelidiki kematian dua suporter tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Baharudin Djafar mengungkapkan, pihaknya tidak menginginkan adanya korban tewas. Pihaknya bersama stakeholder akan membahas upaya pencegahan agar kasus tersebut tidak berulang.

"Tidak ada yang mengharapkan (korban tewas), tapi bagaimana itu bisa terjadi, banyak yang harus kita tingkatkan untuk mencegah hal yang sama di masa depan," jelasnya.

Baharudin menambahkan, pihaknya telah melakukan pengamanan secara maksimal di lokasi. Bahkan, pihaknya juga telah mengimbau sistem pemarkiran kendaraan yang baik di lokasi agar tidak menimbulkan kemacetan.

"Internal polisi sudah mengatakan kendaraan jangan sampai diparkir di ring road, sistem penjualan tiket yang harus disosialissai ke masyarakat," tutupnya. ***


Korwil Panser Biru Diakrabkan lewat Futsal


PANSER Biru siap menggelar turnamen futsal antar korwil dan umum bertajuk Panser Biru Cup 2011. Rencananya turnamen tersebut akan digelar di Harvest Siliwangi Futsal, 17-18 Desember.

Turnamen tersebut memperebutkan total hadiah senilai Rp 4,5 juta. Ajang ini sekaligus mengisi waktu suporter selama kompetisi belum jelas. Padahal, esensi sepakbola yang sebenarnya ialah euforia suporter dan kualitas liga. Apalagi, setelah terlalu lama diundur, praktis para suporter sepi kegiatan.

”Panitia mengharapkan partisipasi teman-teman korwil. Futsal ini juga bisa mempererat persaudaraan dengan masyarakat umum pecinta futsal,” ujar perwakilan panitia, Edi Kirun Purnomo.

Selama ini suporter memang ‘sepi’ gaya sejak mundurnya kompetisi. Paling banter, mereka memadati stadion untuk laga ujicoba PSIS. Itupun masih terasa hambar karena bukan pertandingan resmi. Melalui ajang futsal itu, Kirun berharap antar korwil Panser Biru terus ada komunikasi dan akrab.

Tahun lalu, Panser Biru hanya menggelar sebatas pertandingan eksibisi, seperti yang dilakukan Panser Pessbuuk, Panser Otomotif, dan lainnya. Meskipun sepele, namun ajang-ajang seperti ini terbukti makin melengketkan persaudaraan. (wig/twu)



Loyalitas Bepe untuk Persija


Bambang Pamungkas identik dengan Persija Jakarta. Bepe pun siap mempertaruhkan reputasinya untuk membela Macan Kemayoran berlaga di ISL.

PERSIJA Jakarta terbelah menjadi dua kubu. Namun, Bambang Pamungkas justru memilih tetap membela Persija versi Ferry Paulus yang akan mengarungi kompetisi Indonesian Super League (ISL), yang notabene tidak diakui PSSI.

    Sedangkan Persija versi Hadi Basalamah yang diakui PSSI bakal berlaga di kompetisi Indonesian Premier League (IPL). Bambang pun mengaku siap menanggung segala konsekuensi terkait keputusannya.

"Saya akan main di ISL dengan segala konsekuensinya. Ini sebuah komitmen, ini pilihan hati nurani. Saya tahu betul mana Persija yang sebenarnya," tegas pemain kelahiran Salatiga ini.

    Persija Jakarta versi Ferry Paulus menggelar soft launching tim yang akan diterjunkan di kompetisi Indonesian Super League (ISL) 2011/2012.

    "Ini dilematis karena seharusnya kita bermain di liga resmi PSSI yaitu IPL. Tapi, saya memilih bermain di ISL karena dua alasan. Pertama, saya memilih dengan hati. Kedua, saya tak rela klub yang sudah saya bela selama 10 tahun didzalimi oleh PSSI," ujar Bambang.

    Persija Jakarta versi Ferry Paulus menggelar soft launching tim yang akan diterjunkan di kompetisi ISL 2011/2012 yang akan bergulir 1 Desember ini.

    Acara soft launching ini digelar di The Only One Club, FX, Senayan, Jakarta, kemarin. Dalam acara ini hadir Ketua Umum Persija Ferry Paulus, Ketua Umum The Jakmania Larico Ranggamone, sejumlah pemain Persija, dan perwakilan sponsor.

"Kalau pada akhirnya saya tak masuk timnas, saya hargai keputusan itu. Itu bagian dari loyalitas saya. Tapi, saya tak pernah menyatakan mundur dari timnas. Kalau masih dipercaya, saya selalu siap," tandas Bepe.

Para punggawa Persija Jakarta versi Ferry Paulus bisa saja kehilangan tempatnya di tim nasional karena berkompetisi di Indonesian Super League (ISL). Kemungkinan tersebut ternyata tak membuat mereka risau.
Di skuad ini juga terdapat beberapa pemain timnas U-23 yang baru saja menggapai perak SEA Games XXVI seperti Andritany Ardhiyasa, Ramadani Lestaluhu, dan Hasim Kipuw.

Sikap Bambang itu juga didukung para juniornya. "Saya tak akan menyesal. Dari kecil, saya membela Persija. Kalau akhirnya dikeluarkan dari PSSI, ya ini risikonya," ucap kiper timnas U-23, Andritany Ardhiyasa.

Dua rekan Andritany di timnas U-23, Hasim Kipuw dan Ramdani Lestaluhu, mengungkapkan hal serupa. Mereka juga sudah siap kalau seandainya tak lagi terpakai di tim 'Merah Putih'.

"Saya besar di tim amatir Persija. Kalau nggak masuk timnas ya tidak apa-apa. Yang penting bela Persija," kata Kipuw.

Sangat disayangkan, akibat ketidakbecusan PSSI, karier pesepakbola terbaik negeri juga turut terancam. Jika sudah begini, nasib timnas Garuda tak akan pernah bisa terbang tinggi mengepak sayap. ***

BIOBAMBANG
Nama lengkap Bambang Pamungkas
Tanggal lahir 10 Juni 1980
Tempat lahir  Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia
Tinggi 168 cm
Posisi bermain Penyerang

Arema ‘Keleleran’ di Papua

Hingga kemarin, laga IIC terus berjalan meski sempat diancam illegal.
DUALISME kompetisi di Indonesia makin menjadi-jadi, bahkan, ada kejadian lucu saat Arema Indonesia versi M Noor yang nekat terbang ke Papua untuk melakoni laga versus Persipura, Sabtu (26/11) mendatang.

Berdasarkan jadwal tersebut kubu Arema tiba di Bandara Sentani Jayapura, Kamis (24/11) pagi WIT. Sayangnya, setibanya rombongan Arema di sana, tak ada sambutan dari panpel Persipura. Walhasil, tujuh taksi bandara pun harus ditumpangi untuk mengantarkan tim menuju penginapan.

Laga Persipura versus Arema memang telah dipertanyakan kepastiannya mengingat partisipasi Persipura di Inter Island Cup. Sekretaris PT Persipura Jayapura Tamrin Sagala menegaskan, Persipura sudah menyampaikan surat kepada Direktur Kompetisi yang menyatakan tidak bisa mengikuti jadwal IPL 2011/2012.

“Kita kan sudah sampaikan surat tanggal 22 November 2011 ke Direktur Kompetisi yang intinya kami katakan tidak dapat ikuti jadwal yang disusun oleh PSSI. Karena pada hari Sabtu mendatang kami akan menjalani pertandingan Inter Island Cup,” katanya.

Sementara itu, kubu Arema hanya pasrah menanti nasib. Soal tidak adanya penyambutan sudah prediksi apalagi belum ada kepastian dari Persipura untuk main di ISL atau IPL. “Cuma karena belum ada perubahan jadwal dari PSSI mau tidak mau kita tetap datang ke Papua,” tegas Noor.

PSIS v Persik Reuni Ketiga


PSIS dipastikan menjadi tempat dihelatnya pertandingan pembuka Divisi Utama musim 2011/2012. Di laga pembuka tersebut, tim kebanggaan publik Semarang ini akan menjamu Persik Kediri.

Pertemuan kedua tim ini mengulang memori pertemuan pada laga perdana Liga Ti-phone Indonesia, Jumat (19/11/2010) lalu. PSIS yang saat itu berada di bawah arahan pelatih Bonggo Pribadi sukses mencuri poin penuh dengan melibas Persik 2-1. Kedua gol tuan rumah disarangkan striker asal Liberia Peter M. Kuoh. Sedangkan satu gol Persik diciptakan oleh Adrian Trinidad.

Duel ketiga ini juga mengingatkan pada game pamungkas Divisi Utama Liga Indonesia (LI) XII di Stadion Manahan Solo, Kamis, 27 Juli 2006. Gol tunggal Cristian Gonzales mematahkan PSIS.

Selain itu, Edy Paryono yang saat ini memegang kendali sebagai pelatih tim berjuluk Mahesa Jenar pernah mencengangkan publik Kediri setelah memutuskan mundur dari kursi pelatih Persik lantaran tidak digaji, September 2009.

Tampil di kandang sendiri akan menjadi sebuah keuntungan baik awak Laskar Mahesa Jenar. Dukungan dari publik setempat akan mendongkrak semangat Donny Siregar dan kawan-kawan. Peluang untuk meraih tiga poin di laga pembuka pun terbuka cukup lebar.

“Mudah-mudahan tidak ada perubahan jadwal kick off, karena akan mengganggu persiapan tim,” tegas GM Teknik Setyo Agung Nugroho. (wse/twu)

SETUMPUK BEBAN EP


EDY Paryono menanggung banyak pekerjaan rumah, terutama menentukan starting eleven yang didapuk menjadi pasukan utama Mahesa Jenar. Sejauh ini, dalam tiga ujicoba versus tim IPL Edy selalu mengotak-atik pemain-pemainnya.

“Saya memang sudah punya gambaran 11 pemain starter, tapi tentu saya masih harus mengikuti perkembangan kan bisa saja berubah,” jelas Edy.

Sayangnya, pemain yang digadang-gadangnya masuk tim inti sebagian justru masih absen yaitu striker Vitor Borques de Souza, bek Johan Ibo dan gelandang tengah Donny Fernando Siregar. Hanya Vitor yang memberikan kepastian kembali 25 November.

Selain itu, disusul beberapa pemain yang melayangkan izin tidak mengikuti latihan. Mereka adalah I Komang Putra, Sumadi, dan Simone Quinteri. Sedangkan pemain asal Korea Selatan Han Ji-ho mengaku sakit sehingga hanya berlatih ringan dan terpisah dari rekan-rekannya
.
“Memang, kondisinya seperti ini, semakin menyusut. Tapi bagaimana lagi, mereka mengajukan izin. Meskipun alasannya juga saya kurang begitu paham,” cetusnya.

Sejauh ini, pelatih berkacamata minus ini masih sibuk memberikan menu-menu latihan yang berkutat pada teknik dan fisik pemain. Sembari menunggu kembalinya sejumlah pemain yang absen, ia membekali pasukannya dengan kemampuan passing, crossing, dan finishing terutama melalui bola-bola atas.

Taktikal Strategi
EP, begitu sapaanya, mengatakan persiapan timnya akan memasuki babak baru. Rencananya, ia akan mulai memberikan menu latihan mengenai taktikal strategi kepada para pemainnya, pekan depan.

“Karena waktu persiapan yang semakin mepet, kami berencana akan memasuki tahapan taktikal strategi, pekan depan. Sembari menunggu kembalinya para pemain yang absen,” ucapnya.

Diharapkan, saat menjalani tahapan latihan tersebut, dapat diikuti semua pemain yang ada. Sejak itu, sambungnya, semua pemain sudah mulai fokus dan mematangkan persiapan.

“Sebenarnya sudah ada gambaran saat menjalani beberapa laga ujicoba. Tapi harus ada yang perlu dimatangkan lagi, terutama soal tim,” paparnya.

General Manager Setyo Agung Nugroho menambahkan, meski belum tahu secara pasti siapa yang akan menjadi lawan di laga pembuka Divisi Utama versi IPL, PSIS tetap mencoba menjadi yang terbaik dengan menyiapkan diri secara maksimal. (twu)

Wenger Terpikat Goetze



MANAJER Arsenal Arsene Wenger sebelumnya mengaku fokus klubnya saat ini adalah menjaga para pemainnya, bukan melakukan pembelian. Tetapi jika ada peluang, Wenger niscaya takkan menolak Mario Goetze.
 
Goetze saat ini menjadi salah satu pemain yang belakangan santer disebut-sebut sudah menarik minat sejumlah klub besar Eropa berkat kemampuannya mengolah si kulit bundar. Arsenal adalah salah satunya.
 
Pemain berusia 19 itu memang tidak bisa menunjukkan aksi yang wah saat Arsenal mengalahkan timnya, Borussia Dortmund, di matchday 5 Liga Champions karena harus ditarik dini. Tetapi daya pikat si bintang Jerman tetap tidak luntur di mata Wenger.
 
"Buat saya, Mario Goetze adalah seorang pemain masa depan," nilai Wenger kepada stasiun televisi SAT1 TV yang dikutip ESPN Star.
 
"Ia sangat berbakat, punya sikap yang bagus. Maka tidak mengejutkan kalau kini semua klub besar Eropa meminatinya, termasuk juga kami," lanjut pria Prancis itu.
Sejauh ini Dortmund sudah menegaskan dalam beberapa kesempatan belum ingin melepas Goetze. ***


Georghe Hagi Maradona dari Carpathians


SIHIR Maradona akan terus dikenang oleh publik sepakbola Argentina. Rumania ternyata juga melahirkan Maradona baru. Georghe Hagi namanya.

Dia adalah seorang gelandang serang di akhir 80-awal 90an. Julukan “Maradona dari Carpathians” melekat pada dirinya, karena gaya bermainnya dianggap menyerupai pahlawan Argentina di Piala Dunia 1986 itu.
 
Carpathians adalah gunung yang terletak di Eropa Timur dan sebagian besar wilayahnya berada di Rumania. Lahir 5 Februari 1965, Georghe Hagi memulai karir profesionalnya di klub lokal Farul Constanta pada 1982, sebelum bergabung bersama salah satu raksasa Liga Rumania, Steau Bucuresti, lima tahun kemudian.

Tiga musim di Steau, Hagi turut menyumbang tiga titel Liga Rumania, 1987,1988, dan 1989. Pria kelahiran Sacele ini juga membantu Steau melaju ke partai final Piala Champions 1989 untuk menantang AC Milan.

Meski akhirnya Steau dihajar 0-4, aksi-aksi Georghe Hagi memikat Real Madrid, yang akhirnya merekrutnya setahun berselang. Hagi dibeli raksasa Spanyol itu dengan banderol 4,3 juta dolar AS.

Di klub ibukota Spanyol itu Hagi gagal mempertontonkan sihirnya. Dua musim di El Real, Hagi hanya sanggup mencetak 19 gol, yang akhirnya mengantarnya ke Brescia pada 1992.
    
Dia turut berperan membawa Brescia promosi ke Serie A di musim 1992/1993. Hagi kembali menemukan kebintangannya di Piala Dunia 1994. Rumania dibawanya melaju hingga perempatfinal dengan menyingkirkan dua raksasa Amerika Selatan, Kolombia dan Argentina.
    
Berkat aksi memukau di turnamen yang digelar di Amerika Serikat itu, Hagi kembali lagi ke Spanyol. Kali ini dia berpetualang bersama klub seteru abadi Real Madrid, Barcelona.
    
Sayang, cedera membuatnya gagal menampilkan performa terbaik dalam rentang dua tahun di klub Catalan tersebut. Hagi pun kembali berganti klub. Galatasaray menjadi pelabuhan berikutnya.
    
Hagi berperan besar dalam kesuksesan Galataray. Dia mempersembahkan empat gelar liga berturut-turut dari 1997 sampai dengan 2000. Galatasaray juga dibawa meraih titel Piala UEFA 2000 dengan mengalahkan Arsenal di final.
    
Maradona-nya Rumania ini mengakiri karir sepakbola pada 2001 dan mencoba tantangan baru sebagai pelatih. Namun, karir kepelatihannya tak secemerlang saat aktif bermain. (twu)


Duel Maut di Fase Knockout


DELAPAN tim sudah memastikan lolos ke babak 16 besar. Duel maut yang mempertemukan tim-tim besar kemungkinan sudah akan tersaji di fase knockout.

Dari hasil matchday 5 yang berlangsung Kamis (24/11) dinihari WIB, Arsenal dan APOEL Nicosia menyusul enam tim lainnya yang sudah lebih dulu lolos.

Di Grup F, Arsenal menjadi tim Inggris pertama yang melaju ke babak 16 besar, usai membekuk Borussia Dortmund 2-1. Satu tiket sisa akan jadi rebutan Marseille dan Olympiakos.

Dari Grup G, hasil imbang 0-0 kontra Zenit St Petersburg sudah cukup untuk APOEL Nicosia dalam memastikan lolos dari babak grup. Apapun hasil pertandingan Zenit St Petersburg kontra Porto di matchday terakhir, tak akan menghalangi wakil Siprus ini, meski kalah dari Shakhtar Donetsk.

Sementara, di Grup H, Barcelona dan AC Milan sudah memastikan lolos sejak matchday 4. Sehari sebelumnya, Rabu (23/11/) dinihari WIB, Bayern Munich memastikan lolos dari Grup A berkat kemenangan 3-1 atas Villarreal. Napoli dan Manchester City kini akan berusaha meraih satu tiket sisa dari grup ini.

Inter Milan menjadi tim yang pertama lolos dari Grup B setelah berbagi hasil imbang 1-1 lawan Trabzonspor. Satu tiket lagi dari grup ini masih jadi rebutan Trabzonspor, Lille, dan CSKA Moskow.

Benfica menjadi wakil Grup C usai bermain imbang 2-2 kontra Manchester United. Sedangkan Real Madrid tinggal menunggu pendamping yang akan diperebutkan Ajax dan Lyon sebagai wakil Grup D.
Leg 1 babak 16 besar akan bergulir 14 dan 22 Februari 2012 dengan sistem home and away. Juara Grup A, B, C, dan D, akan bertemu salah satu runner up Grup E, F, G, dan H.

Sesuai regulasi UEFA, wakil satu negara tidak akan bertemu di babak 16 besar. Kemungkinan itu bisa terjadi di babak perempatfinal. Dengan demikian, duel AC Milan versus Bayern Munchen (Grup A) atau Real Madrid (Grup D) bisa saja terjadi di fase 16 besar. 

Jika Manchester United gagal menjadi juara Grup C, final Liga Champions musim lalu bisa saja terulang. Sebab, ada kemungkinan Setan Merah bakal bertemu Barcelona.

Matchday 6 fase grup akan bergulir 7 dan 8 Desember mendatang. (twu)


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Sport - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger